UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI WORKSHOP PEMBELAJARAN TIK DI KECAMATAN KARTOHARJO

Penulis

  • Rissa Prima Kurniawati Universitas PGRI Madiun
  • Fida Rahmantika Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulviana Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.1842

Abstrak

Guru memiliki peran yang penting dalam proses belajar-mengajar di kelas. Peningkatan keterampilan mengajar dan profesionalisme seorang guru masih harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan teknologi. Keterampilan yang harus dimiliki guru yaitu memberikan pertanyaan, mengelola kelas, variasi dalam menggunakan model pembelajaran, dan sebagainya. Dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas, banyak guru di sekolah dasar hanya mengajar dengan metode tanya jawab, ceramah, dan pemberian tugas. Dan juga masih banyak guru yang belum menggunakan media pembelajaran yang berbasis TIK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu berbentuk kegiatan workshop. Kegiatan workshop pembelajaran TIK ini dilaksanakan selama tiga hari dengan peserta adalah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kartoharjo. Diharapkan melalui kegiatan workshop ini, guru Sekolah Dasar dapat mengaplikasikan pembelajaran yang terkini yaitu pembelajaran TIK dalam kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan media pembelajaran yang didesain dengan menarik dan dilengkapi dengan sound, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, meningkatkan presetasi belajar siswa, dan semakin semangat dalam belajar semua materi pelajaran.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran TIK

Biografi Penulis

Rissa Prima Kurniawati, Universitas PGRI Madiun

PGSD

Fida Rahmantika Hadi, Universitas PGRI Madiun

PGSD

Vivi Rulviana, Universitas PGRI Madiun

PGSD

Referensi

Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81. https://doi.org/10.21070/ pedagogia.v5i1.91

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/61/118

Aprillia, I. T., Nuswowati, M., & Susilaningsih, E. (2015). Pengembangan Media Flash Berbasis Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).

Ardhyantama, V. (2019). Pengembangan Media Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Kelas IV SD Hangtuah VI Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i1.23

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 1489–1497. http://file.upi.edu/ Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/ PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf

Mushthofaiyyah, F., Eka Subekti, E., & Kuswandari. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Media PPT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Tema 7 Perkembangan Teknologi di SD Negeri 1 Klepu Kabupaten Temanggung. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(3), 386–391.

Diterbitkan

2022-04-18
Abstrak viewed = 260 times