PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SANGGAR BIMBINGAN SB IKABA IMABA 2 MALAYSIA
Keywords:
Augmented Reality, Media Pembelajaran, Pendidikan Digital, Sanggar BimbinganAbstract
Permasalahan pendidikan bagi anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia menjadi isu penting, terutama terkait keterbatasan akses ke sekolah reguler akibat status imigrasi, dokumen pribadi, dan keterbatasan fasilitas. Sanggar Bimbingan (SB) IKABA IMABA 2 merupakan salah satu solusi pendidikan informal bagi anak-anak TKI, namun masih menghadapi kendala dalam menyediakan media pembelajaran yang memadai. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai alternatif media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Pelatihan dan sosialisasi dilaksanakan sebagai bagian dari program KKN Kemitraan Internasional Muhammadiyah. Peserta kegiatan terdiri dari 22 siswa dari tiga kelompok belajar (PAUD/TK, SD tingkat dasar, dan SD tingkat tinggi) serta dua guru pengajar. Materi yang diberikan meliputi instalasi aplikasi Assemblr EDU dan cara penggunaannya. Kelompok PAUD/TK dan SD dasar mempelajari pengenalan mata uang dan alat musik tradisional Indonesia, sementara kelompok SD tingkat tinggi mempelajari materi sejarah dan pengetahuan umum. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan AR mampu meningkatkan antusiasme siswa dan memperbaiki kualitas pembelajaran di SB IKABA IMABA 2. Guru dan siswa memperoleh pengetahuan baru tentang pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, program ini berhasil memberikan pengalaman belajar yang baru dan mendorong optimalisasi teknologi digital untuk pendidikan anak-anak TKI di Malaysia.
References
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. State University of Yogyakarta, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135
Hidayat, T., Asmaroini, A. P., Sunarto, S., Sulton, S., & Chaniago, Z. (2023). Rights of Indonesian Migrant Workers’ Children to Access Education at Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 935–944.
Hilman, H., Umalihayati, Abdul Muin Bahaf, Nia Kurniawati, Nuraeni, Dewi Setya Ningrum, Fakhira Anisa Maharani, & Putri Solihatunnisa. (2023). Reading Comprehension by using Assemblr for Young Learner in 6th Grade Students of SDIT AL Irsyad. Loquen: English Studies Journal, 16(1), 19–26. https://doi.org/10.32678/loquen.v16i1.7965
Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637
Loganathan, T., Chan, Z. X., Hassan, F., Ong, Z. L., & Majid, H. A. (2022). Undocumented: An examination of legal identity and education provision for children in Malaysia. PLOS ONE, 17(2), e0263404. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0263404
Majid, N. W. A., Rafli, M., Nurjannah, N., Apriyanti, P., Iskandar, S., Nuraeni, F., Putri, H. E., Herlandy, P. B., & Azman, M. N. A. (2023). The Effectiveness of Using Assemblr Edu Learning Media to Help Student Learning at School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9243–9249.
Menrisal, M., & Wijaya, I. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran perangkat komputer berbasis augmented reality (AR). Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 119. https://doi.org/10.29210/177400
Padang, F. A. L., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46
Pangestu, A., & Setyaningrum, W. (2020). Instructional media for space geometry based on augmented reality to improve students’ spatial reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 012058. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012058
Rahmat, N. E., Randawar, D. K., Jayabalan, S., Abdul Razak, M. U., & Azmi, I. I. (2021). Revisiting the Laws and Policies Related to Educational Rights of Stateless Children in Malaysia. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(3), Pages 1174-1184. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v10-i3/11261
Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air melalui lomba kemerdekaan pada siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46–55.
Widaraeni, F. S. & Vivianti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. 8(2), 186–201. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.685
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.