CANVA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK: SEBUAH PELATIHAN DI SMAN 8 KOTA BENGKULU
Keywords:
Canva, kompetensi, guru, media pembelajaran, pelatihanAbstract
Pendidikan di Abad ke-21 telah mengalami transformasi signifikan, di mana peran guru tidak lagi terbatas pada penyampaian materi secara konvensional, tetapi juga mencakup pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menghasilkan siswa yang lebih termotivasi dan memiliki kompetensi yang relevan dengan tantangan zaman. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang guru dituntut memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti gambar, model, objek nyata, serta alat bantu pengajaran lainnya. Penggunaan media-media ini terbukti dapat meningkatkan daya ingat siswa, membangkitkan semangat belajar, serta menarik minat mereka terhadap materi yang disampaikan di kelas. Salah satu teknologi yang dapat mendukung proses pembelajaran adalah aplikasi Canva. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang memungkinkan guru untuk merancang materi pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi seperti Canva tidak hanya meningkatkan efektivitas penyampaian materi, tetapi juga berperan dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan bagi siswa. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi Canva, sebuah kegiatan pelatihan diselenggarakan pada hari Kamis, 29 Agustus 2024, di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Pelatihan ini menggunakan pendekatan partisipatif guna memastikan para guru tidak hanya memahami, tetapi juga mampu menguasai penggunaan Canva sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 30 guru yang menunjukkan antusiasme tinggi sepanjang kegiatan. Mereka tertarik dengan beragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh Canva, yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Diharapkan, pelatihan ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah secara signifikan.
Kata Kunci: canva, kompetensi, guru, media pembelajaran, pelatihan
References
Abadiyah, S., & Hidayah, U. (2024). Efektivitas Materi Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6 (2), 373–384. https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Muaddib/article/view/1031
Ali, M., & Asrori, M. (2019). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Azhar, A. (2010). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aziz, A. M. (2019). Upaya Meningkatkan Creative Intelegence (Kecerdasan Kreatif) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (3), 29–39. https://www.ejournal-jp3.com/index. php/Pendidikan/article/view/75
Candra, R. M. A., Chandra, N. E., & Hidayat, F. (2022). The USe of Canva Application in Creative Writing Course: Students’ Perception. Proceedings The 1st International Conference on Language and Language Teaching (InCoLLT 2022), 1(1), 187–203. https://incollt.unipasby. ac.id/proceedings/index.php/incollt/article/view/22
Edwards, L. (2022). What Is Canva And How Does It Work? Tips & Tricks. Tech and Learning: Tools and Ideas to Transform Education. https://www. techlearning.com/how-to/what-is-canva-and-how-does-it-work-for-education
Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The Use of ‘Canva for Education’ and the Students’ Perceptions of Its Effectiveness in the Writing Procedure Text. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 6368–6377. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4359
Gehred, A. P. (2020). Canva: Resource Review. Journal of the Medical Library Association, 108(2), 338–340. https://doi.org/DOI: dx.doi.org/10.5195/jmla.2020.940
Kamelia. (2019). Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom: Expressing Congratulation and Hopes. Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 34–38. https://journal.unilak.ac. id/index.php/UTAMAX/article/view/2742
Lisnawati, I. (2021). Speaking learning based on multimedia. Journal of Language and Linguistic Studies, 17 (4), 2046–2056. https://www.jlls. org/index.php/jlls/article/view/3598
Locker, M. (2018). Graphic design startup Canva just turned into a unicorn. https://www.fastcompany.com/40514362/graphic-design-startup-canva-just-turned-into-a-unicorn
Mas’ud, B. (2020). Understanding the Aspect of Learning and and Learners: A Conceptual Analysis. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), 36–43. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/349/290
Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya.
Pakpahan, N. F. D. B. (2022). The Effectiveness of Achieve Student Competency between Learning Using Video-Based Media And Power Points in Environmental Science Courses. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 9(1), 604-611. https://eric.ed.gov/?id= EJ1327920
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Schneider, K. (2024). What Is Learning? Psychology, 15 (5), 779–799. https://doi.org/10.4236/psych.2024.155047
Utami, Y., & Djamdjuri, D. S. (2021). Students’ Motivation in Writing Class Using of Canva: Students’ Perception. English Journal, 15(2), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/english.v15i2.5536.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4 (2), 211–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/38941
Yetti, V. D., Sari, S. M., & Akmaluddin. (2023). Media, Effectiveness of Using CANVA Application as a Learning for Creative Products and Entrepreneurship. Proceedings of the 1st International Conference on Education, Science Technology And Health (ICONESTH), 1(1), 184–193. https://eproceeding.bbg.ac.id/iconesth/article/download/94/87/
Yundayani, A., Susilawati, S., & Chairunnisa, C. (2019). Investigating the effect of Canva on students’ writing skills. Journal of English Education, 7 (2), 169–176. https://doi.org/https: //doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.