EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA DINI DI TKIT ASRI

Authors

  • Zulaikha Agustinawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah
  • Achmad Faisal Rizal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah
  • Rina Meiliyanawaty Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah
  • Maritje Rombe Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6211

Abstract

Para peneliti dari World health Organization menemukan bahwa orang-orang kurang mungkin jatuh sakit ketika mereka mencuci tangan mereka dengan sabun dan air. Ketika dilakukan dengan benar, cara paling efektif dan termudah untuk mencegah penyakit menular adalah dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Tahap I Pendidikan 6 langkah mencuci sabun tangan dengan air mengalir. Tahap II: 6 Tahap Praktek Sabun untuk mencuci tangan dengan air mengalir. Setelah semua pekerjaan selesai, tahap terakhir adalah Evaluasi Tahap III. Siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik ini setelah kelompok menunjukkan materi dan membimbing mereka dalam latihan praktis dari enam langkah kebersihan tangan yang tepat. Setelah beberapa latihan pribadi, 85 persen siswa saya dan saya telah menguasai cara yang benar untuk mencuci tangan kami. Ini menunjukkan efektivitas program mencuci tangan enam langkah. Proses dimulai dengan memperkenalkan tim layanan dan berlanjut dengan penjelasan material, praktek secara pribadi, kuis, dan nyanyian. Siswa tampaknya memperhatikan dan melakukan latihan dengan cara yang tulus dan akurat seperti yang diarahkan. Siswa ASRI TKIT diharapkan memiliki kesadaran yang meningkat tentang pentingnya mempertahankan gaya hidup yang bersih dan sehat setelah menyelesaikan program ini, terutama ketika datang ke penggunaan teknik cuci yang tepat.

Kata Kunci: ctps, edukasi, tkit

Author Biographies

Achmad Faisal Rizal, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah

Health Administration Study Program

Rina Meiliyanawaty, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah

Midwifery D3 Study Program

Maritje Rombe, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AL-Su'aibah

Midwifery D3 Study Program

References

Ashari, E. (2020). Knowledge , Attitude and Practice of Handwashing With Soap in Grade V Children of Primary Schools Through Handwashing With Soap. Erwin Ashari, 10(1).

Asthiningsih, WiwiWayan, N., & Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 84–92.

Febriawati, H., Angraini, W., Oktarianita, O., & Rizal, A. F. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(4), 1412–1426. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i4.8947

Hasanah, U., & Mahardika, D. R. (2020). Edukasi Prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Dini untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–9.

Listiadesti, A. U. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tahta Media Grup.

Nasir, N. M., Farah, W., Desilfa, R., Khaerudin, D., Safira, Y., & Virlian, V. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sd Di Tangerang Selatan. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 45. https://doi.org/10.24853/assyifa.1.1.45-49

Nur Hudzaifah, A. A. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Praktek Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Panti Asuhan Aisyiyah Jakarta Pusat. JakHKJ, 7(1), 1–8.

Nurfadillah. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). Jurnal Pengabdi Kesehat Masyarakat, 1(1).

Sholeha, E., & Widiyastuti, A. (2021). Membangun dan melatih karakter disiplin dan rasa empati pada anak usia dini di TKIT YAPIDH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5221–5227.

Ulya, U., Mulfah, L., Nuha, U. A., Nursapitri, M., Affia, R. M., & Rahman, I. (2022). Program Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan pada Anak Di MI Al – Hidayah Kelurahan Cirendeu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.

Published

2024-04-30
Abstract viewed = 26 times