PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN DAN SAYURAN DENGAN SISTEM AKUAPONIK BAGI MASYARAKAT DESA PERANGAI KABUPATEN LAHAT

Authors

  • Shomedran Shomedran Universitas Sriwijaya
  • Yanti Karmila Nengsih Universitas Sriwijaya
  • Evy Ratna Kartika Waty Universitas Sriwijaya
  • Mega Nurrizalia Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.5886

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada masyarakat Desa Perangai Kabupaten Lahat terkait budidaya ikan dan sayuran dengan sistem akuaponik. Bentuk kegiatan berupa pelatihan kepada masyarakat di Desa Perangai dengan melibatkan dosen, mahasiswa dan masyarakat. Sasaran utama kegiatan ini yakni kelompok PKK, kelompok pemuda dan masyarakat umum. Kegiatan dilakukan dengan tahapan dimulai dari penyampaian materi, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan melalui praktik langsung pembuatan akuponik serta evaluasi. Tahap implementasi dilakukan dengan tahap pembukaan oleh pihak Desa dan tim pelaksana, penyuluhan, tahap praktik bersama pembuatan akuaponik dengan media ember dan tahap evaluasi. Peserta kegiatan berjumlah 30 orang, hasil kegiatan ini berdampak positif pada peningkatan pemahaman masyarakat tentang budidaya ikan dan sayuran dengan sistem akuaponik untuk memanfaatkan pekarangan rumah penduduk setempat dengan ditunjukkan hasil evaluasi sebelum kegiatan sebesar 35,2% peserta mengetahui meningkat menjadi 77,4% setelah kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat setempat dapat mengolah secara mandiri pembuatan akauponik sedernaha dengan media ember, sehingga dapat berdampak pada pendapatan dan penghasilan masyarakat desa Perangai Kabupaten Lahat.

Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, pelatihan, budidaya, akuaponik

References

Alexandro, R., Septiyani, R., Ramadan, F. D., Aldama, I., Saputra, A., Andrianova, B. C., ... & Sepriasih, W. (2020). Mengenalkan Akuaponik Sebagai Alternatif Pengembangan Ketahanan Pangan Dan Ekonomi Di Sman 1 Tasik Payawan. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50-57.

Anwas. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Dewi, W. S., Cahyani, V. R., & Mujiyo, P. F. (2021). Pendampingan Masyarakat dalam Budidaya Porang secara Agroforestri untuk Mewujudkan Alasombo sebagai Sentra Porang. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(2), 145-153.

Fauza, N., Wardana, A. A., Pratiwi, A., Winalda, B., Putri, D. M., Tihanum, D., ... & Fernando, M. R. (2021). Akuaponik sebagai sarana pemberdayaan masyarakat Labuhbaru Barat dalam konsep urban farming. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 269-278.

Hardiyanti, F. (2015). Pemanfaatan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Kelor

(Moringa oleifera) dalam Sediaan Hand and Body Cream, 1, 1–136

Hikmat, Harry. (2013). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Mardikanto Totok. (2018). CSR Corporate Social Responsibility Tanggungjawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta.

Mirnawati. (2018). Peran PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mubarak, Adil, 2014, “Peran Ormas Dalam Menjalankan Fungsi Pemerintah BidangPemberdayaan”,http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/semnas2014/fekonisip23358.pdf

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebianto. (2013). Pemberdayaan Masyarakat: dalam Persepektif Kebijakan Publik. Bandung Alfabeta

Shomedran, S., Waty, E. R. K., Husin, A., & Andriani, D. S. (2021). Penyuluhan Kewirausahaan Sosial dan Penguatan Kelompok UMKM Dalam Upaya Peningkatan Pemasaran Masa Pandemi Covid-19 di Desa Burai Ogan Ilir. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 225-231.

Suharto, Edi. (2011). Penanggulangan Kemisskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Makalah dalam Seminar Kesejahteraan Sosial. Dewan Nasional Indonesia Untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS). Jakarta Desember 2011

Vethzal Rivai dan Ella Jauvani. (2010). Manajemen SDM untuk Perusahaan dari teori ke praktik. Jakarta: Rajawali Pres

Waty, E. R. K., Shomedran, S., Nengsih, Y. K., & Nurrizalia, M. (2022). Pembinaan Home Marketing Model Berbasis Online Bagi Kelompok Pengrajin Songket Dalam Upaya Ketahanan Ekonomi dan Keberdayaan Keluarga di Desa Burai Ogan Ilir. Abdimas Siliwangi, 5(1), 224-232.

Published

2024-04-30
Abstract viewed = 71 times