SOSIALIASI PERANCANGAN LABEL KEMASAN PRODUK HASIL BUDIDAYA JAMUR TIRAM MODERN MASYARAKAT DESA PANGGUNG TANAH LAUT

Authors

  • Nina Mia Aristi politeknik negeri tanah laut
  • M. Najamuddin Ridha Politeknik Negeri Tanah Laut, Indonesia
  • Afian Syafaadi Rizki Politeknik Negeri Tanah Laut, Indonesia

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dengan tema Desain Label Kemasan Produk Jamur Tiram yang dilaksanakan di Desa Panggung Tanah Laut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada masyarakat desa mengenai desain label kemasan. Dalam hal ini kemasan produk olahan jamur tiram yang sedang mulai dibudidayakan oleh warga desa. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui sosialisasi bersifat luring yang diikuti oleh anggota PKK desa. Sosialisasi diselenggarakan di Aula Desa Panggung pada tanggal 19 Oktober 2022. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan telah memberikan peserta kegiatan pengetahuan mengenai desain label kemasan seperti analisis target pasar, pemilihan bahan label, trend desain kemasan produk, pemilihan tipografi, padanan warna, hak cipta elemen desain, serta kualitas cetak. Peserta sosialisasi mengikuti kegiatan dengan antusias melalui tanya jawab pada akhir sesi sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan masyarakat pengetahuan dasar mengenai peran desain label terhadap produk yang mereka miliki. Ilmu pengetahuan yang didapat tidak hanya dapat digunakan untuk produk olahan jamur tiram, akan tetapi juga dapat diterapkan pada produk-produk lain yang mungkin kedepannya akan diproduksi juga oleh masyarakat Desa Panggung.

Kata Kunci: Desain, label, produk, jamur tiram, kemasan.

References

Adihardyanto, B., & Zuhdi, S. (2015). Pengaruh Kemasan Produk Dan Label Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Conference: 2015 marketing symposium. Bogor: STIE Kesatuan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Laut. (2021). Kecamatan Pelaihari Dalam Angka. Tanah Laut: Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Laut.

Gao, Y. (2021). Design of Children’s Product Packaging Preference Based on Big Data Machine Learning. Wireless Communications and Mobile Computing.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 84-89.

Khan, S. K., Rehman, F., Sultan, F., & Rashid, K. (2016). Impact of Labeling and Packaging on Consumer Buying Behavior. Journal of Marketing and Consumer Research, 13-21.

Machfudi, Supriyatna, A., & Hendrawan, H. (2021). Budidaya Jamur Tiram Sebagai Peluang Usaha (Studi Kasus Puslit Biologi LIPI). Communnity Development Journal , 127-135.

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi : Jurnal Seni Volume 9 No.2, 127-136.

Putri, S. A., Muttaqien, T. Z., & Atamtajani, A. S. (2019). Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-10.

Rahayu, A. D., Kusumandara, A., & Alam, M. (2022). Perlindungan Hak Cipta Terkait Penggunaan Font Berlisensi Personal Use Secara Komersial Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. JMFH.

Redaksi OCBC NISP. (2021, Mei 3). Unique Selling Point - Arti, Contoh & Mengapa itu Penting. Retrieved from OCBC NISP: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/05/03/unique-selling-point

Wijaya, W. A., & Rahayu, W. P. (2014). Pemenuhan Regulasi Pelabelan Produk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Bogor. Jurnal Mutu Pangan, 65-73.

Yuniarti, R., & Rahman, A. (2014). Strategi Pemasaran pada UKM Keripik Sanan Malang. Jurnal Teknik Industri, 173-183.

Downloads

Published

2023-04-11
Abstract viewed = 72 times