EDUKASI PERAWATAN PAYUDARA DI MASA KEHAMILAN DAN NIFAS DI RUMAH BERSALIN ASRI PALEMBANG

Authors

  • Junay Darmawati Akademi Kebidanan Alsuaibah Palembang
  • Ike Sri Wahyuni STIKES Al-Su'aibah Palembang
  • Veradilla Veradilla STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Zulaika Agustina Wati STIKES Al-Su'aibah Palembang

Abstract

Pelaksanaan perawatan payudara sangat diperlukan, namun masih banyak dari perempuan Indonesia yang jarang bahkan tidak melakukan perawatan payudara terutama pada masa kehamilan dan masa nifas. Penyebab dari kondisi ini karena kurangnya pengetahuan atau informasi yang diperoleh, sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran produksi ASI. Pengandian kepada masyarakat ini dilakukan di Rumah Bersalin Asli Palembang dengan metode edukasi kesehatan melalui penyuluhan dan video. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada kelompok ibu hamil dan nifas setelah diberikan edukasi. Dari keseluruhan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan diharapkan kelompok ibu hamil dan ibu nifas di Rumah Bersalin Asri Palembang memiliki keahlian dan kemampuan melakukan perawatan payudara sendiri secara teratur dan mandiri.

Kata Kunci: Payudara, Kehamilan, Nifas

References

Astutik, R. Y. (2017). Payudara dan Laktasi Edisi 2. Salemba Medika.

Indrasari, N. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil dengan Pelaksanaan Perawatan Payudara. Jurnal Keperawatan, 12(1), 1–7.

Katuuk, M., & Kundre, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Perawatan Payudara dengan Kelancaran Produksi ASI pada Ibu Post Partum di Ruangan Dahlia RSD Liun Kendaghe Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe. E-Journal Keperawatan, 6(1), 1–8.

Kemenkes RI. (2016). Bulan Peduli Kanker Payudara. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian. (2022). Berita Informasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (BRAFOPMK): Vol. RAFOPMK_Fe (Issue Kanker di Indonesia, p. 35). www.kemkes.go.id

Klevina, M. D., & Ani, L. (2015). Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III dengan Kelancaran ASI pada Post Partum di RSUD. Dr. Hardjono Ponorogo. Jurnal Kesehatan : Warta Bhakti Husada Mulia, 2(1).

Krisdianto, B. F. (2019). Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Andalas University Press.

Marlita, D. (2017). Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Gosyen Publishing.

Saryono. (2014). Perawatan Payudara Dilengkapi dengan Deteksi Dini terhadap Penyakit Kanker Payudara. Nuha Medika.

Sholeha, S. N., Sucipto, E., & Izah, N. (2019). Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Produksi ASI Ibu Nifas. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(2), 98–106. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v6i2.491

Wulandari, E. W., Mutiara, V. S., Oktarina, M., Yosiyanti, M., & Keraman, B. (2022). Perawatan Payudara Meningkatkan Produksi ASI Ibu Nifas. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(1), 487–491. https://doi.org/10.33024/jikk.v9i1.5373

Yulita, N., Juwita, S., Farianti Amran, H., & Febriani, A. (2021). Analisis Pengetahuan Ibu Hamil dalam Pelaksanaan Perawatan Payudara. MJ (Midwifery Journal), 1(4), 179–182.

Downloads

Published

2023-04-30
Abstract viewed = 95 times