PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM MENGURANGI PLAGIARISME KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PRODI PAI STAIN MANDAILING NATAL
Abstract
Plagiarisme merupakan suatu tindakan yang melanggar kaidah-kaidah keilmiahan, dikarenakan tindakan ini merupakan pengutipan terhadap karya orang lain lalu menekankan bahwa karya tersebut merupakan hasil karya sendiri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan secara luring. Lokasi pengabdian dilakukan di satuan pendidikan tinggi STAIN Mandailing Natal, dengan subjek sasaran kegiatan ialah mahasiswa prodi PAI semester 1 terjumlah 84 mahasiswa. Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut ialah untuk menanamkan basic (dasar) dalam penulisan karya tulis ilmiah serta mengurangi kegagalan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Hasil dari kegiatan menyebutkan bahwa ada 108 mahasiswa yang terdaftar dalam kegiatan tersebut, 67 mahasiswa dari target sasaran, 39 mahasiswa merupakan non-sasaran dan 2 mahasiswa dari jumlah keseluruhan peserta yang terdaftar merupakan mahasiswa dari pordi luar PAI. 66,66% (64 mahasiswa) dari jumlah target sasaran yang memenuhi kriteri peserta kegiatan dengan minimal menghadiri pelatihan sebanyak 3 kali dan 9,25% (10 Mahasiswa) dari jumlah target sasaran yang memnuhi kriteri sebagai peserta terbaik. Kesimpulan dari kegiatan tersebut ialah dari jumlah mahasiswa sasaran kegiatan yang layak sebagai peserta kegiatan mencapai 66,66% atau 64 mahasiswa menunjukkan bahwasanya kegiatan yang diselenggarakan sangat tercapai.
Kata Kunci: Pengembangan, kemampuan menulis, plagiarisme, karya tulis ilmiah.
References
Hadisaputra, S., Andayani, Y., Junaidi, E., Rahmawati, R., & Sofia, B. F. D. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Dan Teknik Publikasi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.29303/jpimi.v1i1.592
Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantuan Manajemen Referensi Mendeley bagi Guru-Guru SMA / Sederajat di Kabupaten Bintan Assistance for the Implementation of GMP in Tutok Shrimp Processing in Kuala Pusing Kapal Village. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakatda Masyarakat, 4(1), 8–13. https://journal-center.litpam.com/index.php/linov
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi, Pub. L. No. 17, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia 1 (2010). http://idr.uin-antasari.ac.id/479/1/Permendiknas-no.-17-tahun-2010-tentang-Pencegahan-Plagiat.pdf
Muslim, Nawawi, H., Matje, I., Ode, M. N. I., & Yusnan, M. (2022). Pelatihan Penulisan Makalah Mahasiswa Dalam Menghindari Plagiarisme Pada Aplikasi Turnitin. SOROT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–41. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.3094
Ndjoeroemana, Y. (2012). Pengembangan model inkuiri sosial yang dimodifikasi pada pembelajaran menulis karya ilmiah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kristen Wirawacana Sumba NTT. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 312. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/698
Nirwana, & Abd. Rahim Ruspa. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(1), 557–566. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.277
Pratomo Andi Widodo, A. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. In Nizamia Learning Center. Nizamia Learning Center. www.nizamiacenter.com
Redaksi, T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Kebahasaan.
Ruslan, Hendra, & Nurfitriati. (2020). Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa: Proses, Bentuk, Dan Faktor Penyebab. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 147–160. https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.509
Wicaksa, A. (2019). Pelatihan Penulisan Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 8–16. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.