PELATIHAN ASYNCHRONOUS LEARNING DENGAN PLATFORM DAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI MTS DINIYAH BABUSSALAM BANJARMASIN

Authors

  • Faisal Rahman Universitas Sari Mulia, Indonesia
  • Aulia Azmi Universitas Sari Mulia, Indonesia
  • Yusri Yusri Universitas Sari Mulia, Indonesia

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa semua aspek kehidupan untuk beradaptasi, tidak terkecuali bidang Pendidikan. Proses pembelajaran dilaksanakan secara online, salah satunya melalui model Asynchronous Learning. Akan tetapi, hal tersebut justru memberikan alternatif pembelajaran yang dapat diimpleentasikan walaupun pandemi telah mereda. Walaupun begitu, hal ini memiliki beberapa tantangan tersendiri, salah satunya adalah kesiapan para pendidik dalam penerapannya serta memanfaatkan media dan platform digital dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan mengenai penerapan Asynchronous Learning melalui media digital yang bertempat di MTs Babussalam. MTs Babussalam dipilih sebagai tempat pelatihan karena berdasarkan hasil analysis situasi menunjukkan para guru masih memrlukan peningkatan wawasan daam penerapan pembelajaran, khususnya dengan model Asynchronous Learning. Pelatihan yang dilaksanakan tidak hanya berupa penyampaian materi, tetapi juga memberikan kesempatan kepada para guru untuk mempraktikkan secara langsung pembelajaran menggunakan media digital Kahoot! di dalam kelas. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan, para guru mendapatkan peningkatan wawasan dan kesiapan dalam menerapkan model Asynchronous Learning dengan media digital khususnya Kahoot! sebagai alternatif pembelajaran pasca pandemic covid-19.

References

Basri, M., Husain, B., & Modayama, W. (2021). University Students’ Perceptions in Implementing Asynchronous Learning during Covid-19 Era. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3), 263. https://doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.2734

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ Perception of Kahoot!’s Influence on Teaching and Learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning.

Nguyen, T. T. T., & Yukawa, T. (2019). Kahoot with Smartphones in Testing and Assessment of Language Teaching and Learning, the Need of Training on Mobile Devices for Vietnamese Teachers and Students. International Journal of Information and Education Technology, 9(4), 286–296. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.4.1214

Novantara, P. (2018). Implementasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Menggunakan Metode Synchronous Learning pada Pembelajaran di Universitas Kuningan. Buffer Informatika, 4(1). https://doi.org/10.25134/buffer.v4i1.1290

Rosmawati, & Sham, J. (2018). Gamification of Kahoot! Boosts Students’ Motivation in ESL Classroom. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33446.37448

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1, 287–292. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5711

Sudarsana, I. K., Simarmata, J., Swasgita, I. P. H. Y., Suciati, N. P., Rudiadnyana, I. M., Buana, K., & Anggreni, P. K. N. (2018). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jayapangus Press.

Sulistio, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Penerapan Pembelajaran Sinkron Dan Asinkron Melalui Google Classroom, Google Meet Dan Aplikasi E-Learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.128

Wichadee, S., & Pattanapichet, F. (2018). Enhancement of performance And Motivation through Application of Digital Games in An English Language Class. 77–92.

Yeşi̇Lel, D. B. A. (2016). Technology-enhanced Language Learning for Digital Natives. Participatory Educational Research, IV, 97–111.

Downloads

Published

2023-03-14
Abstract viewed = 105 times