EDUKASI PENGGUNAAN FORM TABLET TAMBAH DARAH PADA BUKU KIA DI PUSKESMAS TANAH ABANG

Authors

  • Aning Subiyatin S1 Kebidanan, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan,Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Revinel Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Nur Nadhila Khoiriyah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Salma Dhiya Mustafa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Abstract

Anemia kehamilan merupakan masalah yang banyak ditemukan di semua negara berkembang. Tren prevalensi kejadiannya selalu meningkat. Hal ini diperparah dengan adanya Pandemi COVID-19 sehingga membuat ibu kurang terpapar dengan informasi tentang cara mencegah anemia dalam kehamilan. Setiap ibu hamil wajib mempunyai buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), namun banyak ibu yang tidak mengetahui isi dan kegunaan buku tersebut, sehingga informasi-informasi penting tentang kehamilan tidak dipahami. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pemanfaatan buku KIA, khususnya bagaimana penggunaan form Tablet Tambah Darah (TTD) pada buku tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan menggunakan media buku KIA langsung. Kegiatan dilakukan di puskesmas kecamatan Tanah Abang pada ruang tunggu poli KIA dengan tetap menjaga protokol kesehatan pada bulan Maret 2022. Sebelum dilakukan penyuluhan ibu diberikan pre test kuisoner untuk mengukur pemahaman pengetahuan, dilanjutkan dengan intervensi dan diberikan post test untuk mengukur kembali. Hasil yang didapatkan semua ibu sudah mempunyai buku KIA, tetapi pada form TTD semua belum diisi dan ada 1 ibu yang belum mempunyai buku KIA karena baru pertama kali antenatal care. Pengetahuan ibu sebelum dan sesudah intervensi tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test.Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan ibu dan kedisplinan ibu untuk meminum TTD untuk mencegah  anemia pada kehamilan. 

Kata Kunci: Anemia, Tablet Tambah Darah, Buku KIA

References

Anon. n.d. “SDG Target 3.1 Maternal Mortality.”

Chi, Xinli, Kaixin Liang, Si-Tong Chen, and Qiaomin Huang. 2020. “Mental Health Problems among Chinese Adolescents during the COVID-19: The Importance of Nutrition and Physical Activity.” 1–10.

Hossain, MB, MHR Khan, F. Ababneh, and JEH Shaw. 2018. “Identifying Factors Influencing Contraceptive Use in Bangladesh: Evidence from BDHS 2014 Data.” BMC Public Health 18(1):192.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018].

Nurmasari, Veny, and Sri Sumarmi. 2019. “Hubungan Keteraturan Kunjungan Antenatal Care Dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester III Di Kecamatan Maron Probolinggo.” Amerta Nutrition.

OMS. 2011. “The Global Prevalence of Anaemia in 2011.” Who 1–48.

Rokom. 2018. “Ayo Tingkatkan Pemanfaatan Buku KIA Untuk Pantau Kesehatan Ibu Dan Anak.” Retrieved (https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180919/0627969/ayo-tingkatkan-pemanfaatan-buku-kia-pantau-kesehatan-ibu-dan-anak/).

Setiawati, Astuti, and Baiq Iin Rumintang. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Tablet Tambah Darah (Ttd) Pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Kepatuhan Ibu Dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Di Upt Blud Puskesmas Meninting Tahun 2018.” JURNAL Midwifery Update (MU) 1(1):28–36.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Subiyatin, Aning, and Revinel. 2021a. “ANEMIA IBU HAMIL PADA MASA PANDEMI COVID 19.” Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan 8(4).

Subiyatin, Aning, and Revinel. 2021b. “ANEMIA IBU HAMIL PADA MASA PANDEMI COVID 19.” JUrnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan 8(4):334–41.

Sulastijah, Siti, Sumarni DW, and Siti Helmyati. 2015. “Pengaruh Pendidikan Gizi Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi Zat Besi Melalui Kelas Ibu Hamil.” Jurnal Gizi Klinik Indonesia 12(2):79–87.

Downloads

Published

2023-03-28
Abstract viewed = 132 times