UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PERGURUAN ISLAM AR-RIDHA MEDAN MARELAN MELALUI PELATIHAN KOLABORASI G-SUITE FOR EDUCATION

Authors

  • Liana Atika Universitas Negeri Medan
  • Vita Pujawanti Dhana Universitas Negeri Medan
  • Siti Ulgari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4216

Abstract

Kemajuan tekhnologi berkembang sangat pesat akibat adanya perubahan situasi dan kondisi yang muncul tiba tiba. Hal ini memberikan dampak pada dunia Pendidikan, dimana para tenaga pendidik dituntut harus siap dalam mengelola tekhnologi terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran jarak jauh adalah dengan mengkolaborasikan Google Suite for Education, sehingga tenaga pendidik mampu memaksimalkan proses belajara mengajar siswa secara jarak jauh menggunakan fitur tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu para guru di Perguruan Islam Ar-Ridha dalam mengenal dan mengakses fitur yang tersedia pada Google Suite for Education, sehingga pembelajaran secara jarak jauh dapat berjalan dengan baik. Pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi oleh narasumber yang sudah memiliki pengalaman dan melakukan praktik lapangan secara rutin. Pelatihan ini diadakan bagi guru tingkat Madrasah Iptidaiyah selama kurang lebih 3 jam dengan materi mengkolaborasikan google classroom, dan google form sebagai media pembelajaran. Hasil pelatihan berdasarkan Analisa kuisioner, dimana 88,9% peserta merasa materi pelatihan memiliki manfaat penting bagi mereka, serta 66,7 % peserta sudah berhasil menguasai dan mampu mengelola fitur Google Suite for Education dengan baik.

Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Google, Google suite for education

References

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E., Pai, J., Gunung, S., & Bandung, D. (n.d.). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.

Marryono Jamun, Y. (n.d.). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN.

Nabila, N., Pramesti, E. I., & Sudaryanto, A. (2022). Pengaruh Penerapan G-Suite bagi Perkembangan Pembelajaran di SMAN 1 Kalidawir Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 329–332. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i4.366

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (n.d.). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamarTelp.+62-21-3905050

Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai | Marjaya | Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. (n.d.). Retrieved December 29, 2022, from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/3650/3183

Purnamasari, E. S., & Kamal, M. C. (2021). INOVASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN GOOGLE SUITE FOR EDUCATION (GSE) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BIDANG STUDI MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 257. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1451

Santosa, F. H., Ratu, H., Negara, P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. 3(1), 62–70.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2 - Google Books. CV Jejak, Anggota IKAPI, 248 hlm. https://books.google.com/books/about/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran.html?hl=id&id=2uZeDwAAQBAJ

View of Pengaruh Physical Distancing Dan Social Distancing Terhadap Kesehatan Dalam Pendekatan Linguistik. (n.d.). Retrieved December 29, 2022, from http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/42/58

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Published

2022-12-29
Abstract viewed = 49 times