KEGIATAN RAMAH ANAK MELALUI ENTREPRENEURSHIP

Authors

  • Latifah Putranti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hapsari Dyah Herdiany Hapsari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Pradita Nindya Aryandha Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anindita Imam Basri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nasrul Hidayah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Elfira Sheva Damayanti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4151

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat menyasar kepada anak-anak usia dini dan sekolah yang berada pada kelompok Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Fatah di Dusun Dagan, Murtigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Tema yang diangkat berhubungan dengan pentingnya menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak- anak. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu: Membangun motivasi kewirausahaan sejak dini, memahami apa itu berwirausaha, menumbuhkan kreativitas dan inovasi wirausaha muda, mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian desa dan keluarga.Pengabdian yang dilaksanakan di TPA Al- Fatah ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adanya simulasi dan pelatihan membuat produk usaha menambah ketertarikan peserta sehingga memunculkan ide-ide lain. Selain dilatih memunculkan ide usaha dan membuat produk, peserta pengabdian juga dilatih untuk memasarkan produk, sehingga pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan dari penjualanproduk tersebut. Peserta dalam kegiatan ini didominasi usia dini dan sekolah. Harapannya kegiatan ini dapat menambah soft skill lain selain ilmu agama, tetapi juga ilmu bisnis dan wirausaha. Sehingga nanti bisa menciptakan wirausaha muda generasi insan qurani yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga benefit.

Kata Kunci: entrepreneurs, childhood, training, profit, benefit

References

Alma, B. (2010). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta.

Barnawi & Arifin, M. (n.d.). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada.

Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

mewujudkan pendidikan-entrepreneurship usia dini berbasis teknologi. (n.d.). https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/10/16113731/

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Kewirausahaan, Volume 6 N.

Saroni, M. (2012). Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda. Ar Ruzz Media.

Soemanto, W. (n.d.). Pendidikan Wiraswasta. Bumi Aksara.

Suryana. (n.d.). Kewirausahaan. Salemba Empat.

Utami, Silfa H & Halidi, R. (2021). Mari Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Anak Sejak Usia Pra Sekolah. Suara.Com. (Mewujudkan Pendidikan-Entrepreneurship Usia Dini Berbasis Teknologi, n.d.)

Published

2022-12-30
Abstract viewed = 99 times