PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PADA ORGANISASI SISWA (OSIS) DI SMKN 1 TUAH KEMUNING

Authors

  • Nanda Syukerti Universitas Sumatera Selatan
  • Adli Adli Universitas Sumatera Selatan
  • Intan Putri Universitas Sumatera Selatan
  • Dendi Dendi Universitas Sumatera Selatan
  • Ikromatun Nafsiyah Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong
  • Diah Triesia Universitas Sumatera Selatan

Abstract

Program ini bertujuan memupuk keterampilan dalam peningkatan kapasitas komunikasi organisasi siswa-siswi di Desa Selensen Kecamatan Kemuning untuk mengolah organisasi sekolah dan menjadikan OSIS sebagai wadah belajar mengelola waktu, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuanserta mengasah kemampuan sosial dalam memperluas jaringan sehingga menjadi kuat dalam menghadapi tekanan. Kegiatan dilaksanan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang melibatkan dosen, mahasiswa serta Siswa-siswi OSIS SMKN1 Tuah Kemuning Desa Selensen. Sasaran utama kegiatan ini yaitu Siswa-siswi yang aktif dalam kepengurusan OSIS SMKN1 Tuah Kemuning. Sosialisasi merupakan langkah awal dari rencana kegiatan ini. Kemudian selanjutnya proses pelatihan dan pendampingan peningkatan kapasitas komunikasi organisasi OSIS SMKN1 Tuah Kemuning sehingga menjadi organisasi yang baik melalui komunikasi organisasi yang efektif dan efesien. Diharapkan program ini terlaksana dan dapat mencapai salah satu tujuan program yaitu para siswa-siswi pelatihan bisa menerapkan komunikasi organisasi yang efektif dan efesien dalam mencapai tujuan organisasi dan keberlajutan organisasi kedepannya. Sehingga pelatiahan peningkatan kapasitas komunikasi organisasi dapat membantu memotivasi siswa-siswi SMKN1 Tuah Kemuning dalam berorganisasi.

References

Alvin A Goldberg. dan Larson Carl. 1985. Komunikasi Kelompok. Jakarta: Unversitas Indonesia.

Conrad, Charles. (1985). Strategic Organizational Communication: Cultures, Situations and Adaption, New York, Holt, Rinehart and Winston, 1985.

John, Litle. 2002. Theories Of Human Communication. Wadsworth Publishing Company.

Masmuh, Abdullah (2008) Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek, Malang: UMM press.

Moedjiono Imam. 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII. Press.

Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara. Jakarta

Pace, Wayne, R., & Faules, Don, F., Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Bandung: Rosdakarya, 2001.

Panuju, Redi. 2001. Komunikasi Organisasi dari Konseptual-Teoritik ke Empirik. Pustaka Pelajar. Yogjakarta.

Rivai, dan Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.

Schermerhorn, dan Obsborn Hunt. 1997. Oeganizational Behavior. Singapore: John Weilly & Sons Inc.

Setiawan, O. 2018. Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas lampung. Bandar lampung.

Downloads

Published

2023-03-21
Abstract viewed = 112 times