EDUKASI TERKAIT MANAJEMEN STRESS PADA PEMUDA KARANG TARUNA DUSUN JARAKAN DESA SENDANG REJO, SLEMAN, YOGYAKARTA

Authors

  • Hanifah Fajrin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Putri Rachmawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Jovanka Aprilia Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3354

Abstract

Tingginya angka stress pada usia produktif dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti keluarga dan lingkungan sekitar. Usia muda/Produktif juga dapat mengalami gejala stress atau gangguan mental yang diakibatkan oleh kecanduan terhadap sosial media. Untuk itu, pada usia produktif, diharapkan anak-anak muda untuk lebih peduli terhadap kesehatan mentalnya dan jauh dari stress, dengan cara mengenali gejala gangguan mental dan stress itu sendiri. Pada pengabdian masyarakat ini akan dilakukan kegiatan berupa workshop tentang Kesehatan mental, dengan materi berupa manajemen stress. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi/workshop dan dilanjutkan dengan praktek mindfullness (meditasi) yang didampingi oleh psikolog yang diikuti oleh anggota Karang Taruna di Dusun Jarakan, desa Sendang Rejo sebanyak 20 orang. Peserta merasa lebih teredukasi dengan materi yang sudah disampaikan serta praktek mindfulness yang dapat diterapkan sehari-hari.

Kata Kunci: Kesehatan Mental, Pengabdian Masyarakat, Stress

References

Alawiyah, S. (2020). Manajemen Stress Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi. AL-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 210–221. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak - Eka Anggraini - Google Buku. July 2018, 1–27. https://books.google.co.id/books?id=m-7CDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=gadget+adalah&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=gadget adalah&f=false

Dewi, G. A. N. T. (2020). The Effectiveness of Play Therapy and Positive Reinforcement to Reduce Gadgets Addiction in Children. Proceedings of The ICECRS, 8, 5–9. https://doi.org/10.21070/icecrs2020419

Hanifah, A. N., Jannah, T., Rohmah, S., Pridasari, A. A., & Safitri, D. (2016). Karsewa (Kader Kesehatan Jiwa) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesehatan Jiwa Di Kelurahan Wonokromo Surabaya. In Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (Vol. 106, Issue 1). http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01

Irvan, U. (2019). Perilaku Bullying Ditinjau dari Peran Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

KUMARI, R. (2016). Stress Management. International Journal in Commerce, IT & Social Sciences, 04(04), 310–319.

Muslim, M. (2020). manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 23(2), 1–11.

Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 183–200.

Sasmita, H. (2018). Peningkatan Kesehatan Jiwa Remaja Melalui Usaha Kesehatan Jiwa Sekolah (UJKS) di SMU 12 Kota Padang. Menara Ilmu, XII(6), 111–118.

Tristiana, R. D., Yusuf, A., Fitryasari, R., & Nihayati, H. E. (2019). Peningkatan Keterampilan Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Anak Dan Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 1(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpmk.v1i1.12328

Widodo, A., & Sutisna, D. (2021). Fenomena Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Studi From Home. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 36–45. https://e journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3090/pdf_64

Published

2022-12-23
Abstract viewed = 122 times