EDUKASI TERKAIT MANAJEMEN STRESS PADA PEMUDA KARANG TARUNA DUSUN JARAKAN DESA SENDANG REJO, SLEMAN, YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3354Abstract
Tingginya angka stress pada usia produktif dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti keluarga dan lingkungan sekitar. Usia muda/Produktif juga dapat mengalami gejala stress atau gangguan mental yang diakibatkan oleh kecanduan terhadap sosial media. Untuk itu, pada usia produktif, diharapkan anak-anak muda untuk lebih peduli terhadap kesehatan mentalnya dan jauh dari stress, dengan cara mengenali gejala gangguan mental dan stress itu sendiri. Pada pengabdian masyarakat ini akan dilakukan kegiatan berupa workshop tentang Kesehatan mental, dengan materi berupa manajemen stress. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi/workshop dan dilanjutkan dengan praktek mindfullness (meditasi) yang didampingi oleh psikolog yang diikuti oleh anggota Karang Taruna di Dusun Jarakan, desa Sendang Rejo sebanyak 20 orang. Peserta merasa lebih teredukasi dengan materi yang sudah disampaikan serta praktek mindfulness yang dapat diterapkan sehari-hari.
Kata Kunci: Kesehatan Mental, Pengabdian Masyarakat, Stress
References
Alawiyah, S. (2020). Manajemen Stress Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi. AL-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 210–221. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak - Eka Anggraini - Google Buku. July 2018, 1–27. https://books.google.co.id/books?id=m-7CDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=gadget+adalah&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=gadget adalah&f=false
Dewi, G. A. N. T. (2020). The Effectiveness of Play Therapy and Positive Reinforcement to Reduce Gadgets Addiction in Children. Proceedings of The ICECRS, 8, 5–9. https://doi.org/10.21070/icecrs2020419
Hanifah, A. N., Jannah, T., Rohmah, S., Pridasari, A. A., & Safitri, D. (2016). Karsewa (Kader Kesehatan Jiwa) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesehatan Jiwa Di Kelurahan Wonokromo Surabaya. In Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (Vol. 106, Issue 1). http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01
Irvan, U. (2019). Perilaku Bullying Ditinjau dari Peran Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
KUMARI, R. (2016). Stress Management. International Journal in Commerce, IT & Social Sciences, 04(04), 310–319.
Muslim, M. (2020). manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 23(2), 1–11.
Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 183–200.
Sasmita, H. (2018). Peningkatan Kesehatan Jiwa Remaja Melalui Usaha Kesehatan Jiwa Sekolah (UJKS) di SMU 12 Kota Padang. Menara Ilmu, XII(6), 111–118.
Tristiana, R. D., Yusuf, A., Fitryasari, R., & Nihayati, H. E. (2019). Peningkatan Keterampilan Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Anak Dan Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 1(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpmk.v1i1.12328
Widodo, A., & Sutisna, D. (2021). Fenomena Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Studi From Home. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 36–45. https://e journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3090/pdf_64
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.