PELATIHAN PERTANIAN HIDROPONIK MODERN BAGI KELOMPOK PKK DESA TABA PADANG REJANG

Authors

  • Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Supriatin Supriatin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Deki Rahmat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Merti Sri Hariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meny Avida Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nur'aini Nur'aini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i2.1411

Abstract

Abstrak

Pelatihan pertanian hidroponik kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan pertanian melalui pertanian hidroponik sehingga menghasilkan sayuran yang sehat, meningkatkan perekonomian dalam kebutuhan sehari-hari dan sebagai temat wisata di desa tersebut. Berdasarkan survey dan analisis situasi yang telah dilakukan maka dapat diidentifikasi permasalahan sebagai berikut:  1) Rendahnya pengetahuan  tentang teknik  budidaya  sayur sederhana dengan menggunakan sistem hidroponik modern, 2) Belum ada sosialisasi tentang teknik budidaya sayur secara hidroponik, 3) Masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang pemanfaatan lahan sempit yang dapat dijadikan lahan sayur hidroponik modern, dan 4) untuk memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh suatu desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Demi mencapai tujuan tersebuat adapun tahapan yang dilakukan sebagai berikut: 1) pelatiahan dan pemberian materi tentang hidroponik, 2) Pelatihan dan Praktik Pembuatan system hidroponik, 3) Pelatihan dan Praktik Pembuatan wadah hidroponik, 4) Pendampingan dan praktik berkebun dengan system hidroponik serta 5) Pendampingan dan praktik perawatan hingga masa panen. Dari  Hasil pelatihan tersebut yang akan terbentuknya kebun hidroponik, agrowisata, agromart, tempat edukasi hidroponik, dan menjadi suatu desa percontohan hidroponik. hasil tersebut yang akan dikelola bersama Kelompok Ibu-ibu PKK dan masyarakat desa taba padang rejang,kecamatan hulu palik,kabupaten bengkulu utara. Menjadikan peran masyarakat yang lebih baik terkait dengan pengembangan kegiatan pertanian hidroponik, sehigga program pertanian hidroponik tersebut akan terus berkelanjutan.

 

Kata kunci :pelatihan, hidroponik ,desa taba padang rejang

References

SARIDO, La. Junia. 2017. Uji pertumbuhan dan hasil tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan pemberian pupuk organik cair pada system hidroponik. Jurnal Agrifor, 16.1: 65-74.

SASTRO, Yudi; ROKHMAH, Novi A.; ASTUTI, Erna P. EFEKTIVITAS KULTUR CAMPURAN BAKTERI PENAMBAT N-BEBAS DAN PELARUT FOSFAT PADA TOMAT. 2016.

LONARDY, M. V. Respons tanaman tomat (Lycopersicon esculentum mill.) terhadap suplai senyawa nitrogen dari sumber berbeda pada sistem hidroponik. Skripsiâ€(Tidak Dipublikasikan). Universitas Tadulako, Palu, 2006.

MEGSARI, Ria; ASMULIANI, R. Uji Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rappa L) Dengan Pemberian Nutrisi Ab-Mix Dan Pupuk Organik Cair Pada System Hidroponik. Musamus Journal of Agrotechnology Research, 2020, 2.2: 45-51.

MUGUNDHAN, R. M., et al. " Hydroponics"-a novel alternative for geoponic cultivation of medicinal plants and food crops. International Journal of Pharma and Bio Sciences, 2011, 2.2.

WAHOME, Paul K., et al. Effects of different hydroponics systems and growing media on the vegetative growth, yield and cut flower quality of gypsophila (Gypsophila paniculata L.). World Journal of Agricultural Sciences, 2011, 7.6: 692-698.

SUTRISNO, Sutrisno; SUNARSI, Denok. The Effect of Work Motivation and Discipline on Employee Productivity at PT. Anugerah Agung in Jakarta. Jurnal Ad'ministrare, 2019, 6.2: 187-196.

MUSTIKARINI, Eries Dyah; SANTI, Ratna; INONU, Ismed. Pemberdayaan PKK Desa Pagarawan melalui Budi Daya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2019, 5.3: 173-180.

Eddy, S., D. Mutiara, T. Kartika, C. Masitoh, dan Wahyu. 2019. Pengenalan Teknologi Hidroponik Dengan System Wick (Sumbu) Bagi Siswa SMAN Negeri 2 Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 2(4):74-79. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.ph p/pengabdianmu/article/view/804/889

Berkebun.co.id.â€Sistem NFT Hidroponik : Pengertian, Sistem Kerja,Kelebihan dan Cara Penerapannyaâ€.Diakses.november15,2020.

SESANTI, Rizka Novi; USER, Sismanto. Pertumbuhan dan Hasil Pakchoi (Brasicca rapa L.) Pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 2016, 4.01: 1-9.

hidroponikstore.com.“Cara Menanam Hidroponik, dari Pembibitan sampai Panenâ€. Diakses. november15,2020

Published

2021-08-21
Abstract viewed = 285 times