Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu

Authors

  • Rahimah Rahimah Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eva Oktavidiati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Oktarianita Oktarianita Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Henni Febriawati Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Heldi Sahputra Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Rawat Jalan

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit merupakan hal yang sangat penting, mengingat mutu pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap menurunnya jumlah kunjungan pasien yang akan mempengaruhi profitabilitas rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Poli Jantung Instalasi Rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu dari bulan Juli 2019 sampai dengan bulan Agustus 2019. Populasi penelitian seluruh pasien yang berobat di poli jantung instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu . Metode penghitungan menggunakan uji beda 2 proporsi dan diambil dengan teknik accidental sampling.  Sampel penelitian sebanyak 110 pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 110 pasien, 66 (60%) pasien menyatakan mutu pelayanan baik. Sebanyak 60 (54,5%) pasien menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil pengujian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di poli jantung instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu.  Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu untuk dapat meningkatkan kepuasan pasien dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap, bersih, dan nyaman, memberikan pelayanan yang ramah, sopan, dan santun kepada pasien, meningkatkan keakuratan pelayanan baik pada pelayanan medis maupun pelayanan admnistrasi atau non medis.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asnawi,A.A., dkk. 2019. The influence of hospital image and service quality on patients’ satisfaction and loyalty. Jurnal Management Science Letters, 9 (2019) 911–920. Trengganu, Malaysia.

Budiastuti. 2002. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media.

Febriani, Valentina Anissa. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo). Jurnal Kesehatan, Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hanggraningrum, M.A. 2017. The Effect Of Service Quality On Outpatient Satisfaction Of Dr. Soegiri General Hospital Lamongan. Journal of Applied Management (JAM) Volume 15 Number 4, December 2017 Indexed in Google Scholar.

Hendrik, Gary Leonard. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Elim Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Ikbal. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Cendrawasih. Patria Artha Journal of Nursing Science. Vol. 2. Edisi.2, Oktober 2018.

Nurheda. 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Maiwakabupaten Enrekang. Jurnal Manusia dan Kesehatan. Vol. 1, No. 3 September 2018.

Pangerapan, Djeinne, T., Ora, Et Labora., & M. Ratu. 2018. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. Jurnal KEDOKTERAN KLINIK (JKK), Volume 2 No 1, Universitas Samratulangi Manado.

Pohan, Imbalo. 2006. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Dasar-dasar pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Rahmatika, Yulivia. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Rumah Sakit Pusat Pertaminan). Jurnal Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Supranto, J. 2003. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Citra.

Zeithaml, V.A and Bitner, M.J. 2003 Services Marketing – Integrating Customer Focus Across the Firm. Third Edition. New York: McGraw Hill.

Nurheda, Usman, & Rusman Ayu Dwi Putri. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Maiwakabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia dan kesehatan, 1(3), 201–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31850/makes.v1i3.106

Oktarianita, Febriawati Henni, & Kurniawan Deni. (2020). Hubungan Strategi Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu. Volume 15(Nomor 3), 198–205. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/avicena/article/view/978

Oktarianita, Wati Nopia, & Febriawati Henni. (2020). Persepsi Peserta Posbindu Ptm Tentang Pelaksanaan Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Avicenna, 15(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.38085/avicenna.v15i2.988

Pangerapan Djeinne Thresye, Plandeng Ora Et Labora I, & Mattua. Joy M. (2018). GMIM PANCARAN KASIH MANADO Djeinne Thresye Pangerapan , Ora Et Labora I . Palandeng , A . Joy M . Rattu Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Towards Quality Improvement †Artikel ini “ Hospital Service Quality And Its Effects O. Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), 9–18.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkk/article/view/18836

Suratri Lely Ayu Made, Suryati Tati, & Edwin Amellia Vebby. (2018). Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat jalan Rumah Sakit di 7 Provinsi di Indonesia. 239–246. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33

Survei Awal Penelitian. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu.

Downloads

Additional Files

Published

2021-07-31

How to Cite

Rahimah, R., Oktavidiati, E., Oktarianita, O., Febriawati, H., & Sahputra, H. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Miracle, 1(1), 32–38. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/miracle/article/view/669
Abstract viewed = 560 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>