PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Authors

  • Eva Ria Indah Sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Nopriyeni Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Dwi Fatmi Hajar Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i3.9539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun di TKIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Pembelajaran sains digunakan sebagai pendekatan kreatif untuk mengenalkan konsep matematika dengan cara yang menyenangkan dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif  dengan  pendekatan  studi  kasus  pada  15  anak.  Teknik  pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Kegiatan pembelajaran melibatkan eksperimen sederhana seperti "Mengapung/Tenggelam," yang menggabungkan eksplorasi sains dan matematika, seperti pengelompokan dan perhitungan benda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih antusias dan aktif selama kegiatan, sementara guru memberikan pendampingan dan pengetahuan baru. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran sains yang kreatif dan bermakna dapat meningkatkan kemampuan matematika, sekaligus mendukung perkembangan sensorik, motorik, dan sosial anak usia dini.

Kata Kunci: Pembelajaran sains, Matematika, Anak Usia Dini

References

Barrows, Howard. (1996). New Direction for Teaching and Learning“ProblemBased Learning in Medichine and Beyond; Abrief Overview”.University School of Medicine: Jossey Bass Publishers.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan prosessains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.

Ginsburg, K. R. (2007). The Importance of Play in Promoting Healthy ChildDevelopment and Maintaining Strong Parent-Child Bonds. Pediatrics, 119(1), 182-191

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sriningsih, N (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas

Sukamti, D. S. (2016). Peningkatan kreativitas belajar ipa melalui strategi thinkpair share (TPS) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Warmansyah, Jhoni. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif DanMotivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 10: 99–120.

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times