EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI LUKAT KARYA KOMUNITAS SENI DAMAR ART BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i3.8322Abstract
Matematika tidak hanya hadir dalam ruang kelas, tetapi juga melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat melalui aktivitas budaya, salah satunya dalam seni tari. Pendekatan etnomatematika menjadi cara untuk mengungkap keberadaan konsep-konsep matematika yang tersembunyi dalam praktik budaya lokal. Salah satu wujud konkret dari integrasi antara budaya dan matematika dapat ditemukan dalam Tari Lukat, sebuah karya seni kontemporer yang terinspirasi dari ritual tradisional Seblang Olehsari di Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etnomatematika pada Tari Lukat karya komunitas seni Damar Art Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sementara keabsahan datanya diuji menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada Tari Lukat, yaitu bangun datar (segi lima, segitiga, persegi panjang, dan lingkaran), bangun ruang (setengah bola dan bola), bilangan ganjil, sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, garis horizontal, serta transformasi geometri (refleksi). Selain sebagai struktur fungsional, bentuk-bentuk ini memiliki makna filosofis, yaitu solidaritas, kekuatan, penghormatan, syukur, kebanggaan, dan spiritual lainnya.
Kata Kunci: etnomatematika, Tari Lukat
References
Agustina, L., Rahayu, L. D., & Imamah, N. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Gerak Tari Genjah Gumiwang Kreasi Komunitas Seni Damar Art Banyuwangi. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(1), 19-30.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Asmaul Husna, Ahmad Calam, R. M. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 060954 Medan Marelan Asmaul. 2, 220–227.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Faradhita, A., Harun, L., & Aini, A. N. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Gerak dan Pola Lantai Tari Kreasi Baru Topeng Ayu. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(3), 112–117.
Firdaus, M. K., Fajrie, N., & Purbasari, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 402–412.
Helmina, S., & Hidayah, Y. (2021). Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat Tradisional Oleh Masyarakat Kampung Padang Kecamatan Sukamara Kabupaten Sukamara. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(1), 20–28.
Kabuye Batiibwe, M. S. (2024). The role of ethnomathematics in mathematics education: A literature review. Asian Journal for Mathematics Education, 3(4), 383–405.
Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 23.
Nugraini, E., Khotimah Galatea, C., Puspita, H., & Firdaus, E. (2021). Analisis Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Sd) Ditinjau Dari Segi Gender. Jurnal Gammath, 6(2), 82–88.
Nurina, A. D., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tari Topeng Malangan Sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(08), 3114–3123.
Prasetyo, S. F. (2023). Harmony of Nature and Culture: Symbolism and Environmental Education in Ritual. Journal of Contemporary Rituals and Traditions, 1(2), 67–76.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84.
Rahmadani, G. D., & Wahyuni, I. (2023). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 13–21.
Rahmawati, A., Halimah, N., Karmawan, K., & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 135–142.
Ranali, R., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Pada Gerak Tari Kembang Tanjung. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 111–121.
Reni Gustia, & Aan Putra. (2024). Aktivitas Etnomatematika pada Tari Sekapur Sirih di Kerinci. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 1–10.
Romdani, R. (2021). Pengenalan Software Geogebra Dalam Pembelajaran. Tsaqila Jurnal Pendidikan Dan Teknologi (TJPT), 1, 32–38.
Syaipul Amri, & Mella Dwi Santia. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tari Napa Di Masyarakat Bengkulu Selatan. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 117–123.
Wahab, A., & Heikal, J. (2024). Pola Konsumsi , Pola Menabung , dan Pola Investasi Etnis Jawa yang Bekerja sebagai Karyawan dengan Menggunakan Pendekatan Etnografi The Pattern of Consumption , Saving , and Investment Patterns for Javanese Ethnic. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 3745–3750.
Wardah, N. R. P., Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2023). Ethnomathematics of Lahbako Dance Movement In The Perspective Of Mathematical Literacy Of Geometry Concept. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 4(2), 144–157.