KEMAMPUAN DAN RESPON MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI ANALITIK

Authors

  • Ali Syahbana Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Agus Supriadi Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Syaifudin Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Amrina Rizta Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Ummu Na’imah Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i3.8296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Geometri Analitik dan melihat respon mereka terhadap pembelajaran Geometri Analitik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 9 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri atas tes tertulis (tugas, UTS, UAS) dan angket respon mahasiswa. Data hasil tes dianalisis menggunakan rata-rata nilai dan diinterpretasikan. Data dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap materi Geometri Analitik bidang, namun mengalami kesulitan yang signifikan dalam memahami dan menyelesaikan soal Geometri Analitik ruang, terutama pada aspek visualisasi bentuk tiga dimensi dan penerapan konsep dalam menyelesaikan soal. Kesalahan umum yang ditemukan mencakup ketidaktahuan konsep, kesalahan manipulasi matematika, serta ketidakmampuan dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian. Respon mahasiswa menunjukkan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak contoh soal, media visual, serta penjelasan rinci dari dosen. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran berbasis visual, diskusi kelompok, dan tutorial sebaya yang terstruktur untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam Geometri Analitik.

Kata Kunci: kemampuan, respon, mahasiswa, Geometri Analitik

References

Armansyah, Herman, Hendri, A., Saputra, E. M., & Yuritanto. (2022). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1335-1342. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1232

Darmayanti, R., Nuryami, Y., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., Susetyarini, R. E., & Baiduri. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus Respon. Indramayu: Penerbit Adab.

Dewanti, S. (2015). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2), 171-181.

Fitriani, S. & Yuliani, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Materi Geometri Analitik Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 89-97. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.1234

Hajizah, M.N. & Salsabila, E. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191-198.

Hidayat, T. & Wulandari, R. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.23887/jppm.v9i1.7890

Ikashaum, F., Mustika, J., Wulantina, E., & Cahyo, E. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa pada Soal Geometri Analitik Bidang. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1) : 57-68. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/1701

Kereh, C, T., Sabadar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Konten Matematika pada Materi Pendahuluan Fisika Inti. Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan sains. Fakultas sains dan Matematika, UKSW.

Kurniawati, D. & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Listiani, T. & Saragih, M. J. (2022). Hambatan Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2201-2211.

Miswanto, E., Nugroho, S. E., & Handayani, R. (2020). Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Bidang Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 15-26. https://doi.org/10.31002/jipm.v3i1.555

Nurhasanah, I. & Saragih, S. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Aljabar dengan Penguasaan Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 113-122. https://doi.org/10.22342/jpm.v6i2.2458

Pamungkas, D. & Sudihartinih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Aplikasi GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 223-232. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp223-232

Rohman, S. (2021). Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Respon Peserta Didik. GUEPEDIA: Yogyakarta.

Saluza, Imelda. (2015). Pengaruh Pembelajaran Geometri Analitik Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 98-117.

Santini. (2014). Analisis Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Angket Respon Model ARCS. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA), 19(1), 94-102. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36161

Setiono. (2021). Analisis Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Berbasis Aktivitas di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 9(2), 51-23. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/1095

Stewart, J. (2018). Calculus and Analytic Geometry. Belmont, CA: Brooks/Cole.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadi, D. & Fatimah, A. (2021). Studi Evaluatif terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Analitik di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 33-41. https://doi.org/10.26858/jtpp.v9i1.15437

Susanti, E. & Kurniawan, H. (2020). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1) : 9-14. https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/164

Suwanto, F. R., Hasratuddin., Fauzi, K. M. A., & Napitupulu, E. E. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Analitik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 441-452. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/1507

Vuztasari, H. & Diyana, T.N. (2024). Analisis Kesulitan Beserta Tinjauan Tingkat Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 8-14. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous/article/view/11977

Wijayanti, A. & Pramudya, I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Geometri Analitik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 208-220. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.2333

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times