PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BERBASIS CLASSPOINT PADA PERKULIAHAN PERSAMAAN DIFERENSIAL ELEMENTER

Authors

  • Tri Murdiyanto Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Anny Sovia Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nurashri Partasiwi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Lukman El-Hakim Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.7322

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian multi tahun yang merupakan rangkaian dari penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan media presentasi berbasis ClassPoint pada mata kuliah Persamaan Diferensial Elementer (PDE). Model pengembangan yang dipakai yaitu ADDIE dengan langkah-langkah: analisis (analyze), pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan yakni dengan menganalisis RPS, analisis sumber belajar, dan melakukan wawancara dengan dosen sejawat; desain (design), yaitu tahap perancangan media presentasi yang sesuai dengan hasil analisis kebutuhan; pengembangan (develop), yakni mengembangkan media presntasi yang telah dirancang, kemudian divalidasi oleh pakar; implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate), di tahap ini produk ujicoba dalam skala kecil dan besar guna melihat praktikalitas dan efektivitas dari media presentasi yang telah dikembangkan. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket, dan pedoman wawancara, dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif. Pada tahun pertama ini dilakukan penelitian sampai tahap pengembangan (develop), yakni sampai menghasilkan media presentasi berbasis ClassPoint yang valid. Hasil penilaian oleh pakar terlihat bahwa untuk aspek isi/materi, penyajian dan kegrafikaan media presentasi berbasis ClassPoint tergolong sangat valid. Untuk aspek bahasa berada pada kategori valid. Tahun kedua akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, yaitu implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate) dengan melakukan uji coba baik skala kecil maupun besar untuk melihat praktikalitas dan efektivitas.

Kata Kunci: ClassPoint, Media Presentasi, Pengembangan, PPT.

Author Biography

Anny Sovia, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Google Scholar :kZR_3boAAAAJ

SINTA ID : 5976177

Scopus ID :57205435241

References

Apriani, Y., Wuryastuti, S., & Hanif, M. (2023). The Effectiveness of ClassPoint Media in Improving Communication Skills of Fifth-Grade Elementary School Students Abs. Teknodika, 21(2), 97-111. https://jurnal.uns.ac.id/Teknodika/article/view/74477

Atmojo, B.T., Darma, W., & Novianti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Emiedu (Emi Education) Pada Siswa Kelas V Sd Kristen Sukoharjo. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(3), 167–176. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6517

Azka, R. (2021). Buku Panduan Classpoint. https://fliphtml5.com/nvmnv/cbtd/basic

Bong, E. Y., & Chatterjee, C. (2022). The Use of a ClassPoint Tool for Student Engagement During Online Lesson. The Asian Conference on Education 2021: Official Conference Proceedings, 501–509. https://doi.org/10.22492/issn.2186-5892.2022.39

Bungsu, D., Nenden Suciyati Sartika, & Deni Pratidiana. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Flip Pdf Professional Berbasis Diferensiasi Proses Pada Materi Lingkaran. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(3), 250–259. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6612

Cakir, R., & Korkmaz, O. (2019). The effectiveness of augmented reality environments on individuals with special education needs. Education and Information Technologies, 24(2), 1631–1659. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9848-6

Gizem Yığ, K., & Sezgin, S. (2021). An exploratory holistic analysis of digital gamification in mathematics education. Journal of Educational Technology & Online Learning, 4(2), 115–136. https://doi.org/10.6018/red.485331

Hursen, C., & Bas, C. (2019). Use of gamification applications in science education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(1), 4–23. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i01.8894

Hussein, E., Kan’An, A., Rasheed, A., Alrashed, Y., Jdaitawi, M., Abas, A., Mabrouk, S., & Abdelmoneim, M. (2023). Exploring the impact of gamification on skill development in special education: A systematic review. Contemporary Educational Technology, 15(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/13335

Kurniawan, N. D., & Ika Yatri. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502

Lao, H. A. E., Tari, E., Nahas, I., Wijaya, H., & Darmawan, I. P. A. (2021). The use of e-learning in motivating students to excel towards learning outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(3), 458–464. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i3.19368

Lena, M. S., Trisno, E., & Khairat, F. (2022). The Effect of Motivation and Interest on Students’ English Learning Outcomes. Mextesol Journal, 46(3), 1-13.

Nugraha, D. Y., Nugraha, D., & Widyastuti. (2021). The Correlation between Learning Motivation and Learning Outcomes on. Jurnal Education and Development, 6(1), 157–166.

Relawati, R. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri 9 Muaro Jambi. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2257

Sasmitha, I. D., Setianingsih, E. S., & Huda, C.,. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 241–252.

Smith, N. (2018). Integrating Gamification Exploratory Into Mathematics Instruction: A Qualitative Exploratory Case Study On The Perceptions of Teachers at The Fourth and Fifth Grade Level. In William Howard Taft University, 120(1). http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 17 times