EKSPLORASI PERMAINAN ENGKLEK UNTUK PENGENALAN GEOMETRI KEPADA SISWA KELAS III SDN 068044 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.7136Abstract
Pengaitan antar budaya masyarakat dan ilmu matematika dinamakan etnomatematika. Permainan engklek merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat yang bisa dimanfaatkan sebagai inovasi dalam mengenalkan konsep geometri kepada siswa. Engklek diketahui mengandung unsur-unsur matematika yang meliputi bangun datar seperti lingkaran, persegi, persegi panjang serta trapesium. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksplorasi permainan engklek pada materi pengenalan Geometri. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk mengeksplorasi permainan engklek pada pengenalan Geometri kepada siswa kelas 3 SDN 068044 Medan sebanyak 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara kepada siswa dan dokumentasi. Hasil dari peneitian ini adalah (1) melalui permainan engklek sebagai media pembelajaran, selain menambah wawasan bahwa ilmu matematika memiliki kaitan dengan budaya masyarakat, juga meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa mengenai konsep pengenalan geometri, khususnya pada bidang trapesium, (2) melalui permainan engklek sebagai media pembelajaran yang menarik dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa untuk menghubungkan konsep geometri secara kontekstual.
Kata Kunci : engklek, geometri, pembelajaran matematika, etnomatematika
References
Astanti, A. V, & Fitroh, E. M. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional di Daerah Kabupaten Batang. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 202–222.
Asterina, D. L. (2021). Kajian Etnomatematika pada Kegiatan Rasulan Di Kelurahan Seamnu Gunung Kidul Yogyakarta Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Repository Universitas Sanata Dharma .
Febriyanti, C., Prasetya, R., Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1), 1-6. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/barekeng/article/view/358
Fauzi, A. & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal: Aksioma, 8(3), 408-419. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2303.
Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. PGRI University Of Adi Buana.
Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 86–90. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/35995
Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media.
Margono, S. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marsigit, R. C. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, hal. 20-38. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760.
Maulida, H. S., & Jatmiko. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. Semdikjar, Vol 3.
Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.
Rachman, D. A. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Karawang : Saba Jaya Publisher .
Senjaya, A. J., Octaviani, R., & Taufan, M. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Di Kabupaten Indramayu. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 282-291. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/165.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2017). Cara Mengajar Matematika untuk PGSD . Banten: PGSD UPI Kampus Serang.
Tambunan, H., & Simanjuntak, J. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran. Curere, 5(2), 1-11.
Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14(4), 709-722. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/900
Wahyudin. (2018). Etnomatematika dan Pendidikan Matematika Multikultural. Jogjakarta: UST.
Walidin, W., & Idris, S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Wildan, D. A., Suningsih, S., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024). Efektivitas Penggunaan Etnomatematika Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 456–463. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1462
Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Rawamangun. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.