VALIDITAS MODUL AJAR BERBASIS SQ3R UNTUK MEMFASILITASI KECAKAPAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Mar Atuz Zakiyah Universitas Riau , Indonesia
  • Maimunah Universitas Riau , Indonesia
  • Elfis Suanto Universitas Riau , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6570

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas modul ajar berbasis SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) untuk memfasilitasi kecakapan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP pada topik relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D, namun dibatasi pada tiga tahapan awal yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan tahap pengembangan (development) 3-D yang mencakup tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Pengembangan modul ajar hanya dibatasi hingga proses validasi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli untuk memperoleh penilaian validitas modul ajar. Data dianalisis dengan menghitung persentase skor  validasi yang diberikan oleh 3 validator. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata persentase validitas sebesar 92% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dapat digunakan selama pembelajaran. Modul ajar berbasis SQ3R dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk menunjang kecakapan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP.

Kata Kunci: validitas, modul ajar, metode SQ3R, kecakapan komunikasi matematis

References

Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 89–96.

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776

Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran SQ3R untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 109–118.

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Developing a Problem-Based Learning Instructional Kit Oriented to Junior High School of Mathematical Communication Skills. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42.

Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Ilmiyah, N. (2023). Analisis Komunikasi Matematis Siswa Melalui Soal Model PISA pada Era Literasi Digital Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1589

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumamo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29–35.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7(01), 9–17. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275

Isnaeni, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan, Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. (2022). Jakarta: Kemendikbudristek.

Kristianingsih, N. (2017). Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran SQ3 dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Alas. Skripsi tidak dipublikasikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mulyanti, W., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 11–22.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Paud Agapedia, 7(2), 176–183.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2014 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2014). Jakarta: Permendikbud.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagofy, 20(1), 75–94.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran, 2(2), 151–161.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Soraya, Rosmaidi, & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 6(1), 28–34. https://doi.org/10.23887/jppmi.v9i2.1694

Soraya, Rosmaiyadi, & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 6(2), 28–34.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryani, T., Fadillah, S., Hadad, A., & Jamilah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi “ Menggunakan Data .” J-PiMat (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 787–798.

Syafitri, N., Maimunah, & Suanto, E. (2022). Pengembangan LKPD Materi Garis dan Sudut Berbasis SQ3R untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis. Pi : Mathematics Education Journal, 5(2), 59–71.

Tessa, M. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Wahid, L. A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 138–147.

Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 200–220.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, I. S. (2019). Analisis Kemampuan pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia, 3(1), 209–219.

Yesi, S. S., & Mahyudi. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Elpsa. Jurnal Math-Umb.Edu, 7(1), 49–55.

Downloads

Published

2024-07-26

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 76 times