PERMASALAHAN OPEN-ENDED UNTUK MENSTIMULAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Authors

  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Bunga Rosa Amelia Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6499

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan masalah yang bersifat terbuka. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif Penelitian dilaksanakan di SMPN 10 kota Bengkulu pada kelas VIII D. Instrument yang digunakan penelitian ini adalah  soal-soal terbuka yang memungkinkan siswa menyelesaikannya dengan beragam cara yang memiliki satu jawaban benar. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplor pengetahuannya secara luas. Pada  penelitian ini  ranah kemampuan berpikir  kreatif  matematis  meliputi indikator lancar (fluence), luwes (Flexibility), asli (originality) dan Elaborasi (elaboration).  Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa  permasalahan open ended dapat menstimulan kemampuan berpikir kreatif  matematis  siswa.

Kata Kunci: kemampuan berfikir kreatif, permasalahan  Open-Ended

References

Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky, 3(1), 1. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346

Fanny, K. P. A., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Open-ended Problem Pada Materi Segitiga Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616

Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760.

Khaesarani, I. R., & Maysarah, S. (2021). Analisis kemampuan berfikir kreatif mahasiswa kelompok atas dalam menyelesaikan soal struktur aljabar ring materi ideal prima dan ideal maksimal. Jupika : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(2), 108–120.

Maulana, D. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Open-ended Problem di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1, 130–139. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402

Mursidik, M., Samsiyah, N., & Erik Rudyanto, H. (2015). Kemampuan berfikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan matematika pada siswa sekolah dasar. Journal Pedagogia, 4(1).

Nurlela, L., Ismayanti, E., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (p. 174).

Panuntun Hsm, S. A. A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847

Puspa Juwita, R. M., & Ariani, N. M. (2020). Lembar Kerja Siswa SMP Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras. Vygotsky, 2(2), 114–125. https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.272

Suciati. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi bangun datar (Issue Januari). Universitas Muhammadiyah Mataram.

Ulandari, R., Basri Said, H., Defitriani, E., Pendidikan Matematika, M., Batanghari, U., Pendidikan Matematika, D., & Universitas Batanghari, F. (2020). Pengembangan Soal Open Ended Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37–42.

Utami, ratna widianti, Endaryono, bakti toni, & Djuhartono, T. (2020). meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open-ended. Ilmiah Pendidikan, 7(1), 43–48.

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. https://core.ac.uk/download/pdf/267822167.pdf

Downloads

Published

2024-07-26

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 9 times