THE INFLUENCE OF DIFFERENTIATED LEARNING-BASED WINDOW SHOPPING MODEL ON STUDENTS' MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITIES
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6416Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif menjadi permasalahan yang penting dalam pendidikan saat ini. Kemampuan berpikir kreatif merupakan keterampilan inti yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi dan ekonomi yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran window shopping berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X MAN 1 Magelang sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-15 sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan model window shopping bebasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Kata Kunci: Window shopping, pembelajaran berdiferensiasi, matematika, siswa, berpikir kreatif.
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b). DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika sd. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. DOI: 10.35335/cendikia.v13i1.2960
Asniah. (2020). penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi perbandingan siswa kelas vii mtss darul ihsan aceh besar. Jurnal Serambi Academica, 8(8), 1363–1372. Diakses dari: Announcements (serambimekkah.ac.id)
Cahyani, K. D. (2021). Motivasi belajar siswa kelas v dalam pembelajaran model windows shopping di sd negeri nirmala. Mindset:Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23–29. DOI: 10.56393/mindset.v1i1.83
Erliyanti, R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbasis window shopping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik konsep himpunan pada kelas vii c smpn 3 hulu sungai tengah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 187-201. DOI: 10.20527/edumat.v7i2.7205
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. DOI: 10.31980/mosharafa.v11i1.1174
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10006–10014. DOI: 10.31004/innovative.v3i2.1568
Istianingsih, K., & Mir’anina, R. (2018). Pengaruh model two stay two stray dengan aktivitas window shopping terhadap minat dan hasil belajar siswa mts al-muttaqin plemahan kediri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 92–98. DOI: 10.26877/jipmat.v3i2.2397
Juliarini, A. (2020). Diskusi buzz group dan window shopping dalam persepsi peserta pembelajaran, mana yang lebih menarik? Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133-139. DOI: 10.31764/paedagoria.v11i2.2460
Mirnawati. (2019). Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika anak tunarungu berorientasi model pembelajaran langsung dengan pendekatan savi. Deepublish.
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. DOI: 10.31004/cendekia.v7i3.2762
Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Nengsih, S. R. (2022). Penerapan model pembelajaran window shopping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1–9. Diakses dari https://pdfs.semanticscholar.org/4e70/47b849deff783ae6138deaff509243f4a43e.pdf
Prusak, A. (2015). Nurturing students’ creativity through telling mathematical stories. in the 9th mathematical creativity and giftedness international conference proceedings. Romania: The International Group for Mathematical Creativity and Giftedness. DOI: 10.1007/978-3-031-14474-5_3
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. DOI: 10.30870/jppm.v10i2.2029
Rosmi, N. (2017). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iii sd negeri 003 pulau jambu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 161-167. DOI: 10.33578/pjr.v1i2.4570
Rusli et al. (2018). Komparasi pembelajaran kooperatif tipe stad dan pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding dalam pembelajaran matematika siswa kelas viii smp negeri 33 makassar. Thesis Universita Negeri Makasar, 1-15. Diakses dari: http://eprints.unm.ac.id/9473/
Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya belajar siswa di sekolah dasar negeri cikokol 2 tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. Diakses dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). DOI: 10.33487/edumaspul.v4i1.338
Suprapto, S. (2017). Penerapan pembelajaran tsts dengan aktifitas window shopping untuk meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar. E-DuMath, 3(2). DOI: 10.52657/je.v3i2.458
Suprapto, S. (2017). Penerapan Pembelajaran TSTS dengan Aktifitas Window Shopping untuk meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL E-DuMath, 3(2).
Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). DOI: 10.30998/formatif.v6i3.993
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259–265. DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.481