THE INFLUENCE OF DIFFERENTIATED LEARNING-BASED WINDOW SHOPPING MODEL ON STUDENTS' MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITIES

Authors

  • Zulfatun Nisa Universitas Tidar, Indonesia
  • Nina Agustyaningrum Universitas Tidar, Indonesia
  • Moh.Rikza Muqtada Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6416

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif menjadi permasalahan yang penting dalam pendidikan saat ini. Kemampuan berpikir kreatif merupakan keterampilan inti yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi dan ekonomi yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran window shopping berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X MAN 1 Magelang sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-15 sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan model window shopping bebasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata Kunci: Window shopping, pembelajaran berdiferensiasi, matematika, siswa, berpikir kreatif.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b). DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika sd. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. DOI: 10.35335/cendikia.v13i1.2960

Asniah. (2020). penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi perbandingan siswa kelas vii mtss darul ihsan aceh besar. Jurnal Serambi Academica, 8(8), 1363–1372. Diakses dari: Announcements (serambimekkah.ac.id)

Cahyani, K. D. (2021). Motivasi belajar siswa kelas v dalam pembelajaran model windows shopping di sd negeri nirmala. Mindset:Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23–29. DOI: 10.56393/mindset.v1i1.83

Erliyanti, R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbasis window shopping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik konsep himpunan pada kelas vii c smpn 3 hulu sungai tengah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 187-201. DOI: 10.20527/edumat.v7i2.7205

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. DOI: 10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10006–10014. DOI: 10.31004/innovative.v3i2.1568

Istianingsih, K., & Mir’anina, R. (2018). Pengaruh model two stay two stray dengan aktivitas window shopping terhadap minat dan hasil belajar siswa mts al-muttaqin plemahan kediri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 92–98. DOI: 10.26877/jipmat.v3i2.2397

Juliarini, A. (2020). Diskusi buzz group dan window shopping dalam persepsi peserta pembelajaran, mana yang lebih menarik? Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133-139. DOI: 10.31764/paedagoria.v11i2.2460

Mirnawati. (2019). Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika anak tunarungu berorientasi model pembelajaran langsung dengan pendekatan savi. Deepublish.

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. DOI: 10.31004/cendekia.v7i3.2762

Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Nengsih, S. R. (2022). Penerapan model pembelajaran window shopping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1–9. Diakses dari https://pdfs.semanticscholar.org/4e70/47b849deff783ae6138deaff509243f4a43e.pdf

Prusak, A. (2015). Nurturing students’ creativity through telling mathematical stories. in the 9th mathematical creativity and giftedness international conference proceedings. Romania: The International Group for Mathematical Creativity and Giftedness. DOI: 10.1007/978-3-031-14474-5_3

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. DOI: 10.30870/jppm.v10i2.2029

Rosmi, N. (2017). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iii sd negeri 003 pulau jambu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 161-167. DOI: 10.33578/pjr.v1i2.4570

Rusli et al. (2018). Komparasi pembelajaran kooperatif tipe stad dan pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding dalam pembelajaran matematika siswa kelas viii smp negeri 33 makassar. Thesis Universita Negeri Makasar, 1-15. Diakses dari: http://eprints.unm.ac.id/9473/

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya belajar siswa di sekolah dasar negeri cikokol 2 tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. Diakses dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). DOI: 10.33487/edumaspul.v4i1.338

Suprapto, S. (2017). Penerapan pembelajaran tsts dengan aktifitas window shopping untuk meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar. E-DuMath, 3(2). DOI: 10.52657/je.v3i2.458

Suprapto, S. (2017). Penerapan Pembelajaran TSTS dengan Aktifitas Window Shopping untuk meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL E-DuMath, 3(2).

Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). DOI: 10.30998/formatif.v6i3.993

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259–265. DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.481

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 100 times