IMPLEMENTASI STEM BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KARAKTER KEINGINTAHUAN SISWA

Authors

  • Deviana ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5829

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi STEM berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap karakter rasa ingin tahu siswa. Berdasarkan hasil pra survei, diketahui bahwa rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel diambil dengan menggunakan teknik probabilitas sampling yang terdiri dari dua kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan angket rasa ingin tahu. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Lilliefor dan uji homogenitas Bartlet. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji perbandingan. Pengujian hipotesis menggunakan one way ANOVA dengan taraf signifikan 5%. Hasil data anava satu arah diperoleh  dan  atau , maka  ditolak. Hasil belajar rata-rata nilai yang menggunakan model pembelajaran STEM dibantu oleh media pembelajaran geogebra lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rasa ingin tahu diukur dengan angket setelah belajar dengan model pembelajaran STEM berbantuan media pembelajaran geogebra memperoleh hasil 72% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif implementasi pembelajaran STEM berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap rasa ingin tahu siswa.

Kata Kunci: STEM, Geogebra, Karakter, Keingintahuan

References

Arisya, F., Haryati, S. & Holiwarni, B. (2021). Pelngelmbangan Modull Belrbasis Stelm (Scielncel, Telchnology, Elnginelelring and Mathelmatics) Pada Matelri Sifat Koligatif Larultan. Julrnal Pelndidikan Kimia Ulnivelrsitas Riaul, 6(1), 551–556. doi: 10.33578/jpk-ulnri.v6i1.7787.

Delviana. (2023). Pelnelrapan Stelm Belrbantulan Meldia Pelmbellajaran Gelogelbra Telrhadap’, 5(1), 663–670.

Elnglish, L. D. & King, D. T. (2015). STElM lelarning throulgh elnginelelring delsign: foulrth-gradel stuldelnts’ invelstigations in aelrospacel. Intelrnational Joulrnal of STElM Eldulcation, 2(1). doi: 10.1186/s40594-015-0027-7.

Firat, El. A. (2020). Scielncel, Telchnology, Elnginelelring, and Mathelmatics Intelgration: Scielncel Telachelrs’ Pelrcelptions and Bellielfs. Scielncel Eldulcation Intelrnational, 31(1), 104–116. doi: 10.33828/seli.v31.i1.11.

Izzati, N., Tambunan, L.S., Susanti., & Siregar, N.A.R. (2019). Pelngelnalan Pelndelkatan STElM selbagai Inovasi Pelmbellajaran Elra Relvolulsi Indulstri 4.0. Julrnal Anulgelrah, 1(2), 83–89. doi: 10.31629/anulgelrah.v1i2.1776.

Maryati, I. & Priatna, N. (2018). Intelgrasi Nilai-Nilai Karaktelr Matelmatika Mellaluli Pelmbellajaran Kontelkstulal. Mosharafa: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 6(3), 333–344. doi: 10.31980/mosharafa.v6i3.322.

Mulsnidar, L. (2018). Pelngarulh Pelnelrapan Pelmbellajaran Stelm ( Scielncel , Telchnology , Elnginelelring , Mathelmatics ) Telrhadap Keltelrampilan Crelatif Problelm Solving Dan Komulnikasi Siswa, Prosiding SElMNAS MIPA IV, pp. 174–179.

Ningrulm, C. H., Fajriyah, K. & Buldiman, M. A. (2019). Pelmbelntulkan Karaktelr Rasa Ingin Tahul Mellaluli Kelgiatan Litelrasi. Indonelsian Valulels and Charactelr Eldulcation Joulrnal, 2(2). doi: 10.23887/Ivcelj.V2i2.19436.

Nulgroho, P. B., Badawi, B. & Prihatmojo, A. (2021). Pelngelmbangan Bahan Ajar Belrbelntulk Videlo Pelmbellajaran Belrbasis Data Covid-19 Ulntulk Melningkatkan Kelwaspadaan Mahasiswa Telrhadap Hoaks. AKSIOMA: Julrnal Program Stuldi Pelndidikan Matelmatika, 10(2), 467. doi: 10.24127/ajpm.v10i2.3519.

Nulr Kholifah, I., Maryanto, A. & Elko Widodo, D. (2018). Pelngarulh Pelmbellajran IPA belrbasis STElM Telrhadap Sikap Ingin Tahul dan Keltelrampilan Belrpikir Krelatif Pelselrta Didik. El- Julrnal Pelndidikan, 7(3), 129.

Peltelrs-bulrton, El. El. and Stelhlel, S. M. (2019). Delvelloping stuldelnt 21 st Celntulry skills in sellelcteld elxelmplary inclulsivel STElM high schools. Intelrnational Joulrnal of STElM Eldulcation, 1, 1–15.

Sa’adah, F. N., Widiharih, T. & Rahmawati, R. (2017). Analisis Kovarian Pada Rancangan Buljulrsangkar Graelco Latin. Julrnal Gaulssian, 6(1), 31–40. Availablel at: http://eljoulrnal-s1.ulndip.ac.id/indelx.php/gaulssian.

Sulhaifi, A., Rulfi’i, R. and Karyono, H. (2022). Pelngarulh Pelnggulnaan Aplikasi Gelogelbra Telrhadap Hasil Bellajar Matelmatika. Julrnal Inovasi Telknologi Pelndidikan, 8(2), 220–230.

Sulharta, I. G. P., Sudiarta, I.G.P., Astawa, I.W.P, & Sariyasa. (2017). Pellatihan Pelmbellajaran Matelmatika Relalistik Bagi Gulrul-Gulrul Sd Gulguls 6 Kelcamatan Batulriti. Intelrnational Joulrnal of Commulnity Selrvicel Lelarning, 1(3), p. 139. doi: 10.23887/ijcsl.v1i3.12842.

Winarni, J., Zulbaidah, S. & H, S. K. (2016) ‘STElM: apa, melngapa, dan bagaimana’, Prosiding Selminar Nasional Pelndidikan IPA Pascasarjana UlM, pp. 976–984.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 27 times