PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA, BERPIKIR REFLEKTIF, DAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Mega Kusuma Listyotami Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwi Sakti Baturaja
  • Rolina Amriyanti Ferita Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5818

Abstract

Penelitian dan pengembangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan model Discovery Learning yang berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online. Penelitian dilakukan dengan metode Research & Development (R&D), mengacu pada prosedur pengembangan R&D oleh Gall dan Borg oleh Sukmadinata yaitu ADDIE. Langkah-langkah penerapan strategi penelitian dan pengembangan antara lain; (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan model Discovery Learning yang berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online.

Kata Kunci: Discovery Learning, koneksi matematika, berpikir reflektif, representasi matematis.

References

A'dadiyyah, Nurul Layalil. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-49. 10.31537/laplace.v4i1.462.

Amri, F. (2022). Persepsi Siswa tentang Aplikasi Teknologi yang Digunakan dalam Pembelajaran Online. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 250-258. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Andriani, A., Silviani, R., Rista, L., & Eviyanti, C. Y. (2021). Penggunaan Media Game Matematika Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 501–509. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.406

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125.

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-Dumath, 2(1), 128–137.

Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 18.

Daroini, A.F & Alfiana, H. (2022). Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1). DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4604

Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36. Https://Doi.Org/10.17509/Md.V10i2.3180.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Listyotami, M.K. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Self Efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824.

Noer, S.H. 2010.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. S3 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.31629/Jg.V5i1.1665

Putriana, C., & Noor. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.

Pendy, A., Surryani, L., & Mbagho, H.M. (2022). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19 – 27 https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Syah, M. (2005). Psikologi belajar. Jakarta:Raya Grafindo Perkasa.

Tarawneh, A.A.A. (2015). Reflective Thinking and its Relationship with Future Problem Solving for Mutah University Students. British Journal of Humanities and Social Sciences, 13 (2).

Vrasidas, C. (2000). Constructivism versus objectivism: Implications for interaction, course design, and evaluation in distance education. International Journal of Educational Telecommunications, 6(4), 339-362.

Widdiharto, R. (2004). Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Makalah Disampaikan Pada Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: Dinas Pendidikan.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 53 times