PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Relawati Universitas Batanghari Jambi
  • Amir Syarifuddin Universitas Jambi
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5805

Abstract

Penelitian ini diawali oleh fakta yang ada di lokasi penelitian dan berdasarkan hasil observasi pertama di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI ditemukan mahasiswa belum dapat menjawab secara sempurna materi himpunan pada mata kuliah Teori Probabilitas. Observasi dilaksanakan beberapa tahap maka ditemukan masalah selama proses perkuliahan masalah yang ditemukan yaitu proses perkuliahaan  kurang mendukung untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif. Mengacu pada tujuan  penelitian  maka jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and  development). Model pengembangan yang dilakukan mengikuti  model pengembangan 4-D (four D), khususnya 3 tahap awal. Tahap-tahap itu adalah : pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL)  yang dikembangkan pada materi himpunan sudah sangat valid, baik dari segi isi dan konstruk, Praktis dan Efektif.

Kata kunci: LKPD, pembelajaran berbasis masalah

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Dachi, F. A., & Perdana, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38–48.

Ibrahim, A. (2018). Metodelogi Penelitian. Makasar: Gundadarma Ilmu.

Lestari, E.A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Lufri. (2007). Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang : UNP.

Mardiani, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Daring Method Menggunakan Google Form Pada Pembelajaran PPKN di SD 114 Pematang Sialang Muaro Jambi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Mulyasa, H. E. (2014). Guru dalamImplementasiKurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogjakarta: Alfabeta.

Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116.

Putri, E. W. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap Kelas Xi Di Smk Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 73–80.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL). Lamtanida Journal, 7 (1), 75-86. Diambil Juni 2021 https://media.neliti.com/media/publications/28775-metodepenerapan-model-pembelajaran-prob-b6fb960b.pdf.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Utami, A. P., Zuhdiyah, & Paradesa, R. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 61–68.

Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk mengukur Keterampilan SAINS Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63.

Trianto. (2010). Mendesains model pembelajaran Inovatif Progresif: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: KBM Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 46 times