MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEORI GRUP DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK GAP (GROUPS, ALGORITHMS AND PROGRAMMING)

Authors

  • Syf. Rizekia Assegaf Universitas Tanjungpura
  • M. Rif’at Universitas Tanjungpura
  • Nilamsari Kusumastuti Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5794

Abstract

Pembelajaran teori grup cenderung berpusat pada dosen dan kurangnya keterampilan mahasiswa dalam membuktikan teorema-teorema yang diberikan. Mahasiswa masih kesulitan pada materi teori grup yang memiliki tingkat abstraksi yang tinggi. Salah satu media pembelajaran yang digunakan yaitu perangkat lunak GAP (Groups, Algorithms and Programming) yang dapat meningkat prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan model pembelajaran discovery learning mahasiswa diberikan lebih banyak kebebasan yang sesuai dengan pemikiran mahasiswa dalam menemukan penyelesaian atas masalah yang diberikan dan mahasiswa dapat mengekplorasi kemampuannya dalam menjawab pertanyaan sesuai dengan pemikiran atau imajinasinya. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu menganalisis temuan-temuan yang terkait dengan teori grup dengan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan perangkat lunak GAP (Groups, Algorithms and Programming) pada mahasiswa Program Studi Matematika semester 4 (empat). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.. Hasil dari penelitian bahwa ada peningkatan nilai mahasiswa dengan rata-rata 75,92 dengan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan perangkat lunak GAP (Groups, Algorithms and Programming) pada materi teori grup.

Kata Kunci: Discovery Learning , GAP (Groups, Algorithms and Programming)

References

Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693

Arip, & Aprilia, F. (2021). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. https://doi.org/10.31219/osf.io/fnr53

Carnia, E., & Sylviani, S. (2016). Penggunaan Maple dalam Pembelajaran Teori Grup. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016.

Suratman, D. (2020). Teori Grup (F. Ichwan (ed.); pertama). Top Indonesia.

Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626

Kusumastuti, N., & Prihandono, B. (2022). Group, Algorithm and Programming (GAP). Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura.

Maharani. (2006). Sistem Pembelajaran Aljabar Abstrak Menggunakan Software Gap Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Metematika Dan Pendidikan Matematika.

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putri, I.N . (2021). Analisis Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MI Ismaria AL-Quranniyah Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan

Suryadinata, N., & Farida, N. (2017). Penerapan Team Based Learning Dengan Software Gap Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 2(1), 74–85. https://doi.org/10.24127/JLPLPPM.V2I1.484

Sylviani, S., Carnia, E., Aisah, I., Raya Bandung, J., Km, S., & Sumedang, J. (2015). Penggunaan Group, Algorithm, And Programming (Gap) Dalam Pembelajaran Grup Kuosien. Karismatika: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika Dan Aplikasi, 1(2).

Utaminingsih, R., & Riwanto, M. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran Instad terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Wonopeti Kulon Progo. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 53–64.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 48 times