KECENDERUNGAN HASIL TENTANG PENELITIAN LEARNING OBSTACLE PADA MATERI ALJABAR DALAM SEPULUH TAHUN TERAKHIR

Authors

  • Ade Riastuti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5261

Abstract

Kesulitan siswa terhadap pembelajaran matematika masih sering ditemukan terutama pada konsep operasi aljabar, kesulitan tersebut menjadi salah satu faktor hambatan belajar (learning obstacle). Learning obstacle tersebut dilihat dari aspek ontogenic obstacle, epistemological obstacle, didactical obstacle. Maka dari itu penting dilakukannya sebuah penelitian yang mengkaji tentang hambatan belajar pada konsep operasi aljabar agar dapat meminimalisir kesalahan siswa terhadap konsep operasi aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan systematic literature review (review artikel terstruktur). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 25 artikel, bahwa siswa mengalami ontogenic obstacle, epistemological obstacle, dan didactical obstacle pada konsep  operasi aljabar terutama pada pengurangan, perkalian dan pembagian.

Kata kunci: learning obstacle, ontogenic obstacle, epistemological obstacle, didactical obstacle, operasi aljabar.

References

Adyana, I. M. R., Bennu, S., & Murdiana, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia 7 Sma Negeri 2 Palu Pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(1), 74–86.

Aljabar, F., & Xi, K. (2018). Jurnal Pendidikan Tambusai | 877. 2, 877–881.

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300

Apsari, R. A., Putri, R. I. I., Sariyasa, Abels, M., & Prayitno, S. (2020). Geometry representation to develop algebraic thinking: A recommendation for a pattern investigation in pre-algebra class. Journal on Mathematics Education, 11(1), 45–58. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9535.45-58

Butar-Butar, M. (2018). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 877-881.

Carpenter, T. P., Franke, M. L., & Levi, L. (2003). Thinking mathematically. Portsmouth, NH: Heinemann.

Destiniar, D., Rohana, R., & Ardiansyah, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1797. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4050

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–62. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.763

Essing, N. B., Salajang, S. M., & Manurung, O. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Aljabar Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lirung. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1082

Hasanah, H. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Jurnal InTent, 2(1), 76–84.

Hasnarika. (2022). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. 2, 35–44.

Iriani, D. (2012). Diagnosis kesulitan siswa underachiever dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. SAINMATIKA| Jurnal Sains dan Matematika, 5(1).

Jumri, R., & Risnanosanti. (2021). Learning Obstacle Konsep Kombinasi Pada. Jurnal MATH-UMB.EDU, 8(2).

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057

Lembang, S. T. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal KIP, 6(3), 249–256.

Mangi, J. L. T., Taunu, E. S. H., Wulandari, M. R., Ngaba, A. L., Nuhamara, Y. T. I., & Nggaba, M. E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Smp. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 85–91. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1404

Marfu, I. (2023). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Mahasiswa pada Operasi Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks. 06(01), 907–917.

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Mulungye, M., O’Connor, M., & S., N. (2016). Sources of Student Error and Misconceptions in Algebra and Effectiveness of Classroom Practice Remediation in Machakos County-Kenya. Journal of Education and Practice, 7(10), 31–33.

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Murdiana, Jumri,R. & Damara, B.E.P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 153–160. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0APengembangan

Noviarti, Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal PendidikanMatematika Indonesia, 5(2), 92–99. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/937

Nurhasanah. (2022). Analisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penerapan Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa di SMA Negeri 1 Gunungsari. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(2), 49–63. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i2.25087

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Rizki, K., Suryawati, & Khairunnisak, C. (2022). Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal Aljabar Elementer Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 249–258.

Russell, S. J., Schifter, D., & Bastable, V. (2011). Developing algebraic thinking in the context of arithmetic. Early algebraization: A global dialogue from multiple perspectives, 43-69.

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78

Setiawati, E. (2011). Hambatan epistemologi (epistemological obstacles) dalam persamaan kuadrat pada siswa madrasah aliyah. “Building the Nation Character through Humanistic Mathematics Education, 787–800.

Siagian, M. D., Suryadi, D., Nurlaelah, E., & Prabawanto, S. (2022). Investigation of Secondary Students’ Epistemological Obstacles in the Inequality Concept. Mathematics Teaching-Research Journal, 14(4), 106–128. https://doi.org/10.1007/978-3-642-17735-4

Soesanto, R. H. (2021). Tinjauan Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Berdasarkan Model Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.

Star, J. R., Foegen, A., Larson, M. R., McCallum, W. G., Porath, J., Zbiek, R. M., … Lyskawa, J. (2015). Teaching Strategies for Improving Algebra Knowledge in Middle and High School Students. Educator’s Practice Guide. What Works Clearinghouse.... NCEE 2015-4010. What Works Clearinghouse.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Sukma, C. G. L., & Masriyah, M. (2022). Profil Miskonsepsi Siswa SMA Kelas XI pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1065-1068.

Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar. 05(04), 16067–16070.

Timur, K. J. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. 05(01), 65–74.

Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.253

Yueni, D. R. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Simki-Techsaun, 02(06), 1–9.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 122 times