PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN OUTDOOR TERHADAP MOTIVASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Hermawan Gatot Priyadi Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Yumiati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5260

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran CTL dengan pendekatan outdoor berdampak pada motivasi matematika siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu SMK berstatus negeri se-Kota Tegal yang kemudian dipilih secara random sehingga diperoleh subyek penelitian adalah Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal. SUPM Negeri Tegal merupakan sekolah berbasis perikanan setara SMK di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari tiga kelas. Instrumen penelitian berupa kuisioner dalam bentuk angket terdiri dari 25 butir. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi matematika siswa lebih besar dipengaruhi oleh model pembelajaran CTL dengan pendekatan outdoor daripada model CTL dan konvensional dengan kategori peningkatan ketiganya berturut-turut yaitu tinggi, sedang dan rendah.

Kata Kunci: CTL dengan pendekatan outdoor, CTL, konvensional, motivasi belajar matematika.

References

Astawa, I.B.M . (2007). Pemberdayaan Pembelajaran Geografi SMA Melalui Model Pembelajaran Integratif Konstruktif Menuju Pembelajaran yang Power Full. Universitas Negeri Medan.

Direktorat Menengah Umum Depdiknas. (2003). Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Hake, R.R. (1999). Analyzing change/Gain score. Diambil tanggal 10 Nopember 2018 dari situs World Wide Web: http://www.physics.indiana.edu/ ̴ sdi/ Analyzing Change-Gain.pdf.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri (selfmotovated learning). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) & UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNSPress)

Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Pramitasari, A. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi UNDIP,9(1).

Sinaga, S.J, dkk. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Sobel, M. A., & Maletsky, E. M. (2004). Mengajar matematika, sebuah buku sumber alat peraga, aktivitas dan strategi. (Terjemahan Suyono). Needham Height, MA: Allyn & Balcon. Yogyakarta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Suwarna, dkk. (2006). Pengajaran Mikro.: Tiara Wacana.

Syamsudin, M., & Rozak, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTSN 1 Jombang. Prosiding Conference on Research and Community Services,1(1).

Ulya, dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematikaa dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah UPI,1(1). (online). Diambil tanggal 10 Agustus 2018 dari situs World Wide Web: http:// ejournal.epi.edu.

Uno, H.B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B. & Mohamad, N. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.

Wardani, H. (2017). Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Bandar Lampung. Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Tidak Diterbitkan.

Zainal, A. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YramaWidya.

Downloads

Published

2023-07-26

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 91 times