EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GRAPHMATICA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Authors

  • Sonya Heswari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5240

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan diseminasi) untuk menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis graphmatica pada materi fungsi kuadrat. Penggunaan graphmatica bermaksud untuk membantu proses pembelajaran ilustrasi grafis pada materi fungsi kuadrat. Subyek penelitian adalah guru matematika dan peserta didik kelas X SMA. Lembar validasi dari ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan peserta didik, angket observasi peserta didik dan lembar observasi digunakan sebagai alat penelitian. Hasil validasi LKPD oleh validator media menunjukkan kategori baik dan validator materi dengan kategori sangat baik sehingga LKPD layak untuk diujicobakan. Kesimpulan dari penelitian bahwa rata-rata persentase persepsi peserta didik terhadap hasil angket adalah 91,18%, artinya LKPD berbasis graphmatica pada materi fungsi kuadrat efektif untuk digunakan karena memberikan peluang kepada peserta didik untuk membentuk sendiri pengetahuan dan soal-soal yang disusun dapat digunakan untuk tes yang menggunakan TIK pada fungsi kuadrat.

Kata Kunci: LKPD, Graphmatica, Fungsi Kuadrat

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita

Anjani, W. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Berbantuan Cerita. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi AKsara.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M.A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Special Issue: SEMNASDIKJAR 2019: 29-36.

Heswari, S., & Patri, S.F.D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JIP: Jurnak Inovasi Penelitian 2(8): 2715–22.

Nino Adhi, N. (2022). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 861-865. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54609

Pertiwi, K.E., Bharata, H., & Suharsono, S. (2018). Pengembangan LKPD Fungsi Kuadrat Berbasis Saintifik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 6(2).

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sangrila, A., & Musdi, E . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta DIdik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 11(1): 31–36.

Sarifayani,I., & Haqq., A.A. (2022). Development of Handout Teaching Materials with a Contextual Approach to Improve Students’ Mathematical Understanding. International Journal of Education and Humanities, 2(1): 1–12.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putri, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. ed. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sutopo. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.L. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement of Educational System.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 108 times