ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KONTEKS KURIKULUM MERDEKA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 2 GIRIMULYO

Authors

  • Endah Saraswati Universitas Sanata Dharma
  • Niluh Sulistyani Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5124

Abstract

Pergantian skema pembelajaran dari daring ke luring dan pergantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka membutuhkan penyesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran, termasuk juga pembelajaran matematika. Hasil belajar matematika perlu diperhatikan karena menjadi salah satu ukuran keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dan hasil belajar matematika siswa dalam kurikulum merdeka khususnya pada materi Perbandingan senilai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek 33 siswa kelas VIIC SMP N 2 Girimulyo yang dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2022. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara guru, tes tertulis, angket, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika materi Perbandingan Senilai menyesuaikan pada perangkat kurikulum merdeka, terlihat dari Modul ajar yang digunakan guru. Pelaksanaan pembelajaran pada materi Perbandingan senilai menerapkan model CTL namun demikian belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai saran dalam kurikulum merdeka. Selama pembelajaran terdapat siswa yang aktif bertanya di dalam kelas walaupun terdapat juga siswa yang tidak memperhatikan. Hasil belajar siswa pada materi tersebut menunjukkan 91% siswa tuntas (minimal kategori baik) dan 9% tidak tuntas. Berdasarkan KKM di SMP N 2 Girimulyo diperoleh 24% siswa tidak tuntas dan 76% siswa tuntas.

Kata Kunci: Pembelajaran matematika, Hasil Belajar Matematika, Kurikulum Merdeka

References

A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462

Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 36–41. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461

Dewi, D. I., Cahyono, B., & Tsani, D. F. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Saat Pandemi Covid-19 pada Pelajaran Matematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 51–59. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5066

Fatmawati, & Yusrizal. (n.d.). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2733

Gularso, D., Suryantari, H., Rigianti, H. A., & Martono. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 100–118. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890

Kemdikbud. (2021). Merdeka Belajar Episode 15.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sulianto. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25.

Sumardyono. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Banmi Quraisy.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p063

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 708 times