E-MODUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Wulandari Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5108

Abstract

Penelitian ini mengarah pada kemampuan representasi matematika untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul elektronik untuk siswa sekolah menengah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (development and research). Penelitian pengembangan adalah proses mengembangkan produk baru dan yang sudah ada untuk penggunaan pendidikan. Penelitian ini akan menghasilkan produk dalam bidang pendidikan berupa bahan ajar berupa modul elektronik yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 47 Seluma tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini dibatasi pada pengembangan dan pembuatan bahan ajar berupa modul elektronik yang valid dan praktis yang dilaksanakan berdasarkan evaluasi oleh validator. Oleh karena itu, peneliti mengubah model pengembangan hanya pada tahap implementasi. Pada penelitian ini model desain pengembangan ADDIE miliknya digunakan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul elektronik. Model ini dapat digunakan dalam berbagai bentuk pengembangan produk, antara lain model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media, dan materi. Hasil penelitian divalidasi oleh ketiga validatornya dan modulus Young ini dinyatakan valid. Berdasarkan hasil analisis dan jawaban siswa terhadap angket Practical Aptitude Test, e-modul yang dikembangkannya mencapai rata-rata 3,6 dan tergolong dalam kategori “Sangat Praktis”.

Kata Kunci: e-modul, kemampuan representasi

References

Ahdar, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Repository IAIN Parepare.

Asmara, A. (2014). Mathematical Representation Ability And Self Confidence Students Through Realistic Mathematics Approach. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED, 139.

Cecep, K & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Fauzi, Y. (2014). teori pembelajaran matematika menurut dienes. journal UIN Antasari.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120-135.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harahap, M. (2017). pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. jurnal Education and Development.

Kibtiah, I. (2020). pengembangan modul pembelajaran tematik kelas. Jurnal Online UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nasaruddin, N. (2013). KARAKTERISTIK DAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Suherman, E dan Winataputra U.S. (2015). Strategi Belajar Mengajar Matemtika. Jakarta: Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 80 times