KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TGT

Authors

  • Mayang Avariella Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.5097

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari kemampuan memahami konsep matematika peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Game Tournament (TGT) serta model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ialah penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 27 Rejang Lebong. Sampel penelitian ini adalah kelas VII. 1 menjadi kelas eksprimen 1, kelas VII.2 menjadi eksperimen 2, serta kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Soal uraian terdiri dari 3 soal yaitu tes yang dipergunakan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis uji anava satu jalur didapatkan Fhitung (7,160) Ftabel (3.10) dilihat dari uji tersebut Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT), model pembelajaran Kooperatif TGT, model pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, kelas yang diajar dengan model kooperatif NHT mendapat skor 16,323 dari kemungkinan 16.000, sedangkan kelas yang diajar dengan model kooperatif TGT mendapat skor 15,77, dan kelas yang diajar dalam kendali mendapat skor 11,97. Dibandingkan dengan TGT dan model pendidikan konvensional, kurikulum NHT menawarkan siswa keberhasilan yang lebih besar dalam memahami konsep matematika.

Kata Kunci : Capability Concept Training, Conventional, Numbered Head Together (NHT), Teams Game Tournament (TGT)

References

Arifah, U., & Saefudin, A. aziz. (2017). Menumbuh kambangkan Kemampuan Memahami Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Kamil, I. (2020). Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Nht. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 7–12.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Pitriani, N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja K. Pi-Math - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1), 1–10. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math

Reflina, L. T. R. A. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT) Kelas IX MTS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Tahun Pelajaran 2020/2021. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(3), 16-29. https://doi.org/10.51178/ce.v2i3.315

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 196. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.220

Sari, I., & Asmara, A. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal MATH-UMB.EDU, 3(3), 18-24

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Triyani, F, & Jumroh, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Menggunakan LKS Terhadap Pemahaman Konsep Fervin. Jurnal Edumath , 6(2), 48-55.

Ulfia, T., & Irwandani. (2019). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 53(9), 431–435.

Wati, I., Nurcahyono, N., & Agustiani, N. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3342-3357. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1767

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 81 times