PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Dessy Anggreni Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i3.4928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari self confidence dari seorang siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMPN 16 Kota Bengkulu di semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 191 orang siswa, sampel penelitian berjumlah 64 orang siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIIIC. Hasil pe nelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.  Self confidence berpengaruh langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditunjukkan oleh koefisien jalur sebesar  dengan nilai  pada taraf nyata . Kontribusi pengaruhnya sebesar 8,76%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self confidence yang dimiliki oleh siswa, maka akan semakin tinggi pula kemampuan komunikasi matematisnya.

Kata Kunci: Self Confidence, Kemampuan Komunikasi Matematis, ex post facto

References

Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematika : Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep Dan Aplikasi. Banda Aceh : Pena.

Haji, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. EXACTA Journal vol 10 no.2

Haji, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Realistik. Infinity Journal Vol 5 No 1.

Hendriana, H. Rohaeti, E.E. & Sumarmo, U. (2017). Hard Skil dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Jumri, R., Risnanosanti, R., Ramadianti, W., & Syofiana, M. (2023). Korelasi antara Realistic Mathematic Education dan Self Regulated Learning Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 6(1), 21-28. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v6i1.5315

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Noviyana, I.N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence Pada Model assurance, relevance, Interest, Assessmen and Satisfaction Bernuansa Etnomatematika.Tesis UNESA

Putri, T.A.E., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dikaji dari Self Confidence. Jurnal Alphaeuclideedu, 1 ( 2), 83-93. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/AlphaEuclidEdu/article/view/42873/75676587493

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan & Kuncoro, E.A. (2017) . Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Tinungki, G.M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Student’s Mathematics Communication Ability in the subject of Probability Theory. Journal of Education & Practice, 6 (32), 27-31

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 74 times