KONTRIBUSI KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP HASIL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI SISWA SMP

Authors

  • Ilham Ardiansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.4920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kontribusi kecemasan matematis terhadap hasil asesmen kompetensi minimum numerasi siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dalam metode ex post facto dengan jenis penelitian korelasional.   Populasi penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ma’arif, Sawangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket kecemasan matematis, dokumentasi hasil jawaban AKM Numerasi siswa, serta observasi. Teknik analisis data dalam uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS26. Penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi positif antara kecemasan matematis terhadap hasil AKM Numerasi siswa dengan koefisien korelasi sebesar  dimana.

Kata Kunci: Kontribusi, Kecemasan Matematis, Asesmen Kompetensi Minimum, Numerasi, Korelasional

References

Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Current directions in psychological science, 11(5), 181-185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Berliana, C. (2021). Pengaruh Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2628-2635. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.919

Dewi, F. K. M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh tingkat kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa: Studi kasus pada siswa SMPN 2 Balaraja. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 145-152. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9440

Hawari, D. (2008). Manajemen Stres, Cemas dan Depresi Edisi 2. Jakarta: Balai penerbit FKUI.

Holmes, D. S. (1991). Abnormal psychology. HarperCollins Publishers.

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75-83. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Mayudana, I. K. Y. (2020). Hubungan Kecemasan Matematis Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Bali Global Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 544-555. https://doi.org/10.5281/zenodo.4048974

Niut, M., Yuni, Y., & Marlina, A. (2020, December). Hubungan Kecemasan (Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (159-167). http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/index

Novikasari. (2016). Hubungan antara prestasi belajar dan tingkat kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru SD/MI. Jurnal Aksioma, 5(2), 120-127. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.671

OECD. (2018). Country Note : Programme for International Student Assessment (PISA) from PISA Result 2018. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.html

Depdikbud. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional (AN). Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdikbud.

Priyani, Y. (2013). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, S. A., Nurimani, N., & Suyanto, A. (2021). Hubungan Kecemasan Matematis dengan Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (197-206).

Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi tidak dipublikasikan, Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.554

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa) Dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah Dasar. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.428

Downloads

Published

2023-11-09

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 62 times