PENGARUH PROFESIONALITAS GURU MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI INDONESIA: SEBUAH META-ANALISIS

Authors

  • Ichsan Politeknik Negeri Pontianak
  • Aulia Sofianora Universitas Jambi, Indonesia
  • Desy Institut Kesehatan Mitra Bunda, Indonesia
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia
  • Tomi Apra Santosa Universitas Negeri Padang, Indonesi
  • Agus Supriyadi Universitas Khairun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesional guru matematika dalam meningkatkan kompetensi siswa di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian meta-analisis. Sumber data dalam penelitian berasal dari analisis 18 jurnal nasional maupun internasional yang terbit dari tahun 2013-2023. Sumber data dalam penelitian diambil melalui database google scholar, Eric, Wiley dan Taylor of  Francis.Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi langsung melalui database jurnal. Kata kunci yang digunakan dalam penelusuran sumber data yaitu guru profesional, kompetensi siswa dan pembelajaran matematika. Teknik Analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan aplikasi OpenMEE. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perofesional guru matematika mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi siswa di Indonesia. Nilai effect size sebesar 1.19  kriteria sangat tinggi, Standar deviasi sebesar 0.36 dan N-gain sebesar 0.57. Jadi, untuk memperbaiki kualitas guru matematika harus perlu dilatih profesionalitas yang tinggi  dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Era Society 5.0, Pembalajaran,  Profesionalitas Guru, Kompetensi Siswa

References

Adha, M. A., Gordinsona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia Maulana Amirul Adha Universitas Negeri Malang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145–160.

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Alem, J., & Boudreau-Larivière, C. (2012). Evaluation of an Internship Assessment Grid for Francophone Physical and Health Education Student Interns. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2012.1.5

Anawati, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Question Student HavE ( QSH ). Jurnal MATH-UMB.EDU, 9(3), 142–148.

Anggaraeni, A. F. R. dan F. D. (2005). Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika Dengan Motivasi. Psikologia, I(2), 76–85.

Apra Santosa, T., Razak, A., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2021). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi di Era Covid-19. Biodik, 7(01), 77–83. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11708

Apra, T., 1, S., Razak, A., Arsih, F., Sepriyani, E. M., & Hernaya, N. (2021). Meta-Analysis: Science Learning Based on Local Wisdom Against Preserving School Environments During the Covid-19 Pandemic. Journal of Biology Education, 10(2), 244–251. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Armani, A. R., & Margunani. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.

Awan, I., Supiana, & Zakiah, Q. H. (2020). Teacher Development Policy in the Era of Society 5.0. JIEMAN: Ournal of Islamic Educational Manaement, 274(3), 274–294. https://jieman.iain-jember.ac.id/index.php/jieman/article/view/33

Davidson, C. (2014). Changes to Federal Pell Grant Eligibility: The Effect of Policy and Program Changes on College Students at Public Institutions in Kentucky. Journal of Student Financial Aid, 43(3). https://doi.org/10.55504/0884-9153.1206

Dwi, K., & Ruslau, M. F. V. (2023). Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru Matematika pada Kompetensi Profesional. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–41.

Endang Susantini, Badrun Kartowagiran, Syukrul Hamdi, Samsul Hadi, Amat Jaedun, I Gede Astra Wesnawa, Dadang Sunendar, L. A. R. L. (2020). International Journal of Educational Methodology Developing Competency Evaluation of Pre-service Science Teachers in Industrial Revolution 4 . 0 : Revealing Pedagogic and Professional Competencies. International Journal of Educational Methodology, 8(2), 347–362.

Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205

Ferry, D., Santosa, T., & Kamil, D. (2020). Pengetahuan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci Tentang Teori Asal Usul Manusia. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 1(1), 11. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4945

Festiyed, Novitra, F., Yohandri, & Asrizal. (2022). Networked-based Inquiry: An Effective Physics Learning in the New Normal COVID-19 Era in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(2), 997–1016. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15255a

Fradila, E., Razak, A., Santosa, T. A., Arsih, F., & Chatri, M. (2021). Development Of E-Module-Based Problem Based Learning (PBL) Applications Using Sigil The Course Ecology And Environmental Education Students Master Of Biology. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 27(2), 673–682. http://ijpsat.ijsht-journals.org

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.483

Helmi, J. (2015). Membangun profesionalitas guru. Education, 7(2), 319–336. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/43/38

Hidayat, T., & Kosasih, A. (2019). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 45–69. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i1.172

Himmawati Puji Lestari, Hartono, Nikenasih Binatari, Emut, Fitriana Yuli Saptaningtyas, K. P. K. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika SMK Se-Gunungkidul Melalui Workshop Pemodelan Matematik. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 66–70.

Ichsan, Suhaimi, Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2173–2181.

Jamilah, S. (2021). Moderate Islamic Education to Enhance Nationalism among Indonesian Islamic Student Organizations in the Era of Society 5.0 Sitti Jamilah 1. Journal of Social Studies Education Research, 12(3), 79–100.

Kara, A., Anagün, Ş. S., Boyacı, Ş. D., & Yaşar, S. (2022). Investigating the link between teachers perceptions of 21st century skills efficiency and students perceptions of learning experience: Mediating role of teacher s self-efficacy. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 50–65. https://doi.org/10.33902/jpr.202215268

Kartowagiran, B. (2011). KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI) Badrun. Cakrawala Pendidikan, 30(3), 166–173.

Kowang, T. O., Bakry, M. F., Hee, O. C., Fei, G. C., Yew, L. K., Saadon, M. S. I., & Long, C. S. (2020). Industry 4.0 competencies among lecturers of higher learning institution in Malaysia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 303–310. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20520

Marto, H., & Badan. (2020). Perkembangan guru matematika era 4.0. AKSIOMA, 9(1), 1–9.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Jurnal Pilar Teknologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39

Nasution, T. H., & Ariani, N. M. (2022). LKS Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Kubus Dan Balok Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Math-Umb.Edu, 10(1), 37–48.

Oktarina, K., Santosa, T. A., Razak, A., & Ahda, Y. (2021). Meta-Analysis : The Effectiveness of Using Blended Learning on Multiple Intelligences and Student Character Education during the Covid-19 Period. Ijeca: International Journal of Education & Curriculum Application, 4(3), 184–192.

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadar, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–9.

Rahimi, A. R., & Tafazoli, D. (2022). The role of university teachers’ 21st-century digital competence in their attitudes toward ICT integration in higher education: Extending the theory of planned behavior. Jalt Call Journal, 18(2), 238–263. https://doi.org/10.29140/jaltcall.v18n2.632

Razak, A., Santosa, T. A., Lufri, & Zulyusri. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Lesson Study Siswa pada Materi Ekologi dan Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 79–87.

Salsabila, U. H., Nur, D., Sari, I., Sabilla, R., Nurjanah, A., Rasyid, A. P., Dahlan, U. A., Islam, U., & Sunan, N. (2022). Trend media sosial dalam pendidikan islam ; analisis. 3(2), 71–84.

Santosa, T. A., Lufri, L., & Zulyusri, Z. (2021). Problematika Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Learning Environment (VLE) Terhadap Siswa dan Guru SMA/MA Pada Materi Biologi Di Masa COVID-19. Journal on Education, 3(01), 93–103. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.346

Santosa, T. A., Sepriyani, E. M., Lufri, L., Razak, A., Chatri, M., & Violita, V. (2021). Analisis E-Learning Dalam Pembelajaran Evolusi Mahasiswa Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66–70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1027

Santosa, T. A., Sepriyani, E. M., Lufri, L., & Zulyusri, Z. (2021). Meta-Analysis: Penggunaan Modul Berbasis Hots Pada Materi Ekologi Dan Lingkungan Di Sma. Jurnal Eduscience, 8(1), 53–56. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.1976

SANTOSA, T. A., & YULIANTI, S. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa Di Sma Negeri 7 Kerinci. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(2), 1–18. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i2.58

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri the Influence of Teacher Professionalism on Student Motivation in State Primary School. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2).

Sitompul, et al. (2021). Pengenalan Dasar-Dasar Investasi Pada Guru-Guru Madrasah Al-Quba. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Suhaimi, Santosa, T. A., & Aprilisia, S. (2022). Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 92–101.

Suharyat, Y., Santosa, T. A., & Satria, E. (2023). The Effectiveness of STEM-Based Learning in Teaching 21 st Century Skills in Generation Z Student in Science Learning : A. 9(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2517

Tambak, S., Ahmad, M., Sukenti, D., & Abd. Ghani, A. R. bin. (2020). Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 79–96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885

Tamur, M., Jehadus, E., Nendi, F., Mandur, K., & Murni, V. (2020). Assessing the effectiveness of the contextual teaching and learning model on students’ mathematical understanding ability: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012067

Udayani, I. D. A. T., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 284–293.

Vania Sasikirana, Y. T. H. (2017). Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. 8(2), 1–8. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Yayat Suharyat, Agus Supriyadi, Ichsan, Erwinsyah satria, T. A. S. (2022). Analisis Pembelajaran daring dalam pembelajaran IPA di SMA/MA di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19: Sebuah Literatur Reviews. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1860–1865.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Yusuf, M., Witro, D., Diana, R., Santosa, T. A., Alfikri, A. ‘Alwiyah, & Jalwis, J. (2020). Digital Parenting to Children Using The Internet. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1277

Yüzüak, A. V., & Erten, S. (2022). Teachers’ Views About Turkey’s Zero Waste Project (TZWP). Journal of Turkish Science Education, 19(1), 71–81. https://doi.org/10.36681/tused.2022.110

Zulkifli, Z., Satria, E., Supriyadi, A., & Santosa, T. A. (2022). Meta-analysis : The effectiveness of the integrated STEM technology pedagogical content knowledge learning model on the 21st century skills of high school students in the science department. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 5(1), 32–42.

Downloads

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 695 times