LKS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Tio Hagomosan Nasution Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.3789

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan praktis untuk pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi kubus dan balok; dan untuk untuk mengetahui efek potensialnya pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four-D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang validator. Hasil telaah validator digunakan untuk merevisi Lembar Kerja Siswa. Analisis data validasi secara kualitatif dan kuantitatif menunjukkan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan valid. Selanjutnya Lembar Kerja Siswa disebarkan terbatas kapada 15 orang siswa SMP untuk diuji tingkat kepraktisannya. Data kepraktisan dikumpulkan dengan angket respon siswa. Diperoleh skor rata-rata kepraktisan sebesar 3,91 yang termasuk kategori praktis. Efek potensial LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah terlihat dari hasil kerja siswa dalam LKS.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, contextual teaching and learning, kubus dan balok, kemampuan pemecahan masalah matematis

References

Ariesta, F. W. (2021). Implementasi Teori Belajar Kognitivisme Dalam Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner. [online]

https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/i mplementasi-teori-belajar- kognitivisme-dalam-pandangan-jean- piaget-dan-jerome- bruner/#:~:text=Teori%20perkemban gan%20kognitif%20Jean%20Piaget,

%2C%20M.%2C%202000).

Hafiziani, E. P. (2017). Pedekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Rancangan Pembelajarannya. Bandung: UPI Sumedang Press.

Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

https://doi.org/10.1016/S0962- 8479(96)90008-8

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, 7(1), 82.

https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361 Juwita, R. M. P & Ariani, N. M. (2020).

Lembar Kerja Siswa SMP untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytagoras. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 2 (2),

-125.

http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/in dex.php/VoJ/article/view/272/237

Monica, H., Kesumawati, E., & Septiati,

E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155-166.

Munawarh, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. MaPan, 5(2), 168–186. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2 a2

Ningsih, E. A .S & Ariani, N. M. (2020) Pengembangan Soal untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Indiktika. Vol 2, No. 2. h 136-

https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/indiktika/ article/view/4126/3806

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JMPI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 835–842.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.8 35-842

Saefudin, E. N. N. dan A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing. The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 2, 6(2), 2490–2492.

https://doi.org/10.1093/oseo/instance

.00191376

Sari, Y. I., & Kurniawati, D. (2019). Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E. Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26–

Sepriady, J. (2018). Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100.

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2 i2.1603

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Jurnal Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 6i2.317

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5(2).

http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ju mlahku/article/view/139

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 9i1.605

Yuwita, A. M. & Ariani, N. M. (2020). Lembar Kerja Siswa untuk Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 126–135. http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/in dex.php/VoJ/article/view/275/238

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 879 times