PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI OPERASI PECAHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Shinta Junita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2435

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal open ended berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang valid dan praktis. Metode yang digunakan ialah metode research and development dengan model Tessmer yang digunakan terdiri dari preliminary, self evaluation, expert review dan one-to-one. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi dari hasil komentar validator dan lembar kepraktisan dari hasil komentar siswa. Kevalidan soal dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan soal-soal open ended yang dikembangkan dengan baik  berdasarkan konten, konstruksi dan bahasa. Kepraktisan dilihat dari hasil one-to-one dan angket respon siswa dengan hasil kepraktisan pada soal nomor 1 sampai 10 tergolong Praktis dan Sangat Praktis. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan 10 butir soal telah melalui tahap  expert review dan one-to-one.

Kata kunci: open ended, berpikir kreatif.

 

Abstract

This study aims to produce products in the form of open-ended questions oriented to students' mathematical creative thinking skills that are valid and practical. The method used was the research and development method with the Tessmer model consisting of preliminary, self-evaluation, expert review and one-to-one. The subjects of the study were 6 students of class VII. This study uses an instrument in the form of a validation sheet from the validator's comments and a practicality sheet from the results of student comments. The validity of the questions from the results of the validator's assessment on the validation sheet which states well-developed open-ended questions based on content, construction and language. Practicality is seen from the results of one-to-one and student response questionnaires with practicality results in questions number 1 to 10 classified as Practical and Very Practical. The results of the development research resulted in 10 items that had gone through the expert review and one-to-one stages.

Keywords: open ended, creative thinking.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP. Jakarta: BSNP.

Moma, L. (2017). Developing Mathematical Creative Thinking and. Cakrawala Pendidikan. https://media.neliti.com/media/publications/81478-ID-pengembangan-kemampuan-berpikir-kreatif.pdf

Mustikasari, Zulkardi, & Aisyah, N. (2006). Pengembangan Soal-soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 46–60.

Pansiska.(2016). Pengembangan soal essay open-ended yang terstandar untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Risnanosanti. (2009). Penggunaan Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010.

Ridzky K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Segitiga Melalui PMRI di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi tidak dipublikasikan. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Silaban, M. (2020). Pengembangan Soal Open Ended Pada Pembelajaran Matematika. Diambil dari : https://www.researchgate.net/publication/341822043_PENGEMBANGAN_SOAL_OPEN_ENDED_PADA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_UNTUK_MENGIDENTIFIKASI_KEMAMPUAN_BERFIKIR_KREATIF_SISWA

Verawati, A. (2017). Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pelajaran Matematika. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry. Diambil dari : https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2695/1/AYU%20VERAWATI.pdf

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open-Ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA).

Yusuf, M., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 48–56.

Downloads

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 109 times