MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.2 PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Authors

  • Hasdelyati Hasdelyati SMP Negeri 18 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan kemampuan kognitif melalui hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktifitas dan tes siklus siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 69,5; 73,32; dan 83,68 serta ketuntasan belajar klasikal pra siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 40%; 64%; dan 80%. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktifitas belajar matematika siswa siklus I, dan siklus II, secara berturut-turut adalah 22,34 (kriteria cukup) dan 25,34 (kriteria aktif).

Kata kunci: Aktifitas, Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions

References

Djamarah, S.B. & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 155 times