ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN STUDENT ENGAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.36085/madia.v1i1.3032Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring dalam meningkatkan student engagement, Trowel (2010) menjelaskan bahwa Student Engagement diartikan sebagai keterlibatan Mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran di dalam kelas secara kognitif, afektif dan behavioral. Penelitian dilakukan di Universitas Terbuka Bengkulu Jurusan Ilmu Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa : 1. Hasil pembelajaran menggunakan daring sangat baik dilihat dari tingkat pemahaman dan bertambahnya pengetahuan mahasiswa (kognitif) mengenai konsep dan materi yang dipelajari dan didiskusikan dalam pembelajaran daring sangat baik. 2. Efek yang timbul dan dirasakan Mahasiswa (Afeksi) dalam pembelajaran daring sangat baik terbukti dari mahasiswa menikmati proses pembelajaran dan mahasiswa aktif dalam berdiskusi, mahasiswa merasa senang, semangat dan kondusif dalam berdiskusi. 3. Perilaku atau tindakan yang ditunjukkan Mahasiswa (Behavioral) dalam pembelajaran daring, mahasiswa hadir tepat waktu, tidak pernah tidak hadir, mentaati aturan kelas serta kondusif. 4. Pembelajaran daring dengan aplikasi Microsoft team disambungkan langsung ke internet mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, memberikan rasa senang, semangat serta menimbulkan tindakan positif bagi mahasiswa.Â
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Student Engagement , Kognitif, afektif, BehavioraReferences
Santoso, Slamet. 2010. Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, & Terpaan di dalam Media Massa. Jakarta: Kecana Prenada Media Grup.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: AlfabetaTamburaka, Apriyadi. 2013. Literasi Media “Cerdas Bermedia Khalayak Media Massaâ€.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Darwanto, SS. 2007. Televisi Sebagi Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu KomunikasiTeori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.
M. Romli, Asep Syamsul. 2009. Dasar-Dasar Siaran Radio, Bandung: Nuansa.
Rakhmat, Jalaludin. 2009.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ali Sadikin*, Afreni Hamidah. ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224 Available online at: https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Niki Raga Tantri Tutor Tutorial Online, Universitas Terbuka e-mail: nikitantri@gmail.com