ANALISIS PENDEKATAN FEMINISME SASTRA TERHADAP CERPEN MEREKA BILANG SAYA MONYET! KARYA DJENAR MAESA AYU
DOI:
https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i1.8579Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengetahui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas X Desain Produksi Busana. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pelaksanaan siklus I berlangsung baik tetapi kurang kondusif. Hasil rata-rata nilai 67,41 dengan ketuntasan belajar mencapai 58,6%. Dengan demikian, kegiatan pada siklus I perlu diulang agar hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkat. Pelaksanaan siklus II berlangsung baik dan kondusif. Hasil rata-rata nilai 83,4 dengan ketuntasan belajar mencapai 99%. Dengan demikian, kegiatan pada siklus II ini tidak perlu diulang karena sudah melebih indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak 99% siswa mendapat nilai ≥ 80. Dengan menggunakan metode bermain peran pada kemampuan menulis teks negosiasi, hasil belajar pada siswa kelas X Desain Produksi Busana.
Referensi
Adini, Nur Ayni Sri. 2021. Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: Dotplus Publisher.
Ayu Fatimah R, dkk. 2024. Pengaruh Kurikulum Merdeka Dalam Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran di MAN 1 Kulon Progo. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan Vol.2, No.1 Januari 2024.
Fajriani, Citra dan Kurnian, Selia Dwi. 2020. Penerpan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Baccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, Vol. 2 No. 2 Desember 2020.
Ilsa, F. N., & Nurhafizah , N. . (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan
Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (2), 1080–1090. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.571
Jamaris, M. (2019). Kreativitas Belajar Siswa. Https://Medium.Com/, 7–21. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Juwairia, dkk. 2022. Meningkatkan Kreativitas Desain Flyer Digital Menggunakan Aplikasi Quizizz Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp Volume 9 (1), 2022, 15-26.
Mardiana Wiwik. 2020. Kolaborasi Dan Kreatifitas Melalui Teknologi Prosiding Seminar Nasional
Moleong, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Nahuda, dkk 2023. Pelatihan Canva Sebagai Strategi Meningkatkan Kreatifitas Di Sma Negeri 1 Pare Kediri. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 06 No. 05, September-Oktober 2023. p-ISSN 2614-574X, e-ISSN 2615-4749. hal. 523-529
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah mada University Pres/
Patongai, D. D. P. U. S., B, N., Karim, H., & Saparuddin, S. (2022). Pemanfaatan Canva For Education untuk meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 2, No 2 (2022): Oktober; 130-137 ; 2808-9812. https://ojs.unm.ac.id/smart/article/view/38526.
Ria Musfufah, dkk. 2022. Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161
Ramzi, Muhammad. LKP: Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Cerme: Undergraduate thesis, STIKOM. 2013 Surabaya http://sir.stikom.edu/100/5/BAB%20111.pdf.
Rastal, J., 1 , A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804.
Subianto, Reni Kusmiarti, Man hakim, Yanti Paulina (2024). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol.13 No.4.
Sahil Isran. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Canva Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Biologi. IAIN TernateJurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9 (1), 195-197. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7519827. p-ISSN: 2622-8327 e-ISSN: 2089-5364.
Tolere, A. B., Iskandarsyah, M. Y., & Ansar, A. (2023). Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam; Vol 1, No 1 (2023): April; 36-45 ; AL-ULAMA: Jurnal Penelitian Dan Kajian Islam; Vol 1, No 1 (2023): April; 36-45 ; 10.33096/Mujaddid.V1i1. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/mujaddid/article/view/237.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.