NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL TOTTO-CHAN : GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i1.8158Abstrak
Novel Totto-Chan: gadis cilik di jendela karya Tetsuko Kuroyanagi mengisahkan tentang Totto-chan yang antusias, penuh imajinasi. Dan adapun cerita yang menyangkut tentang pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang tercermin pada karakter tokoh Totto-chan yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data Content Analysis atau analisis isi. Validasi yang digunakan adalah triangulasi teori dengan tahapan pembacaan, pencatatan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 data yang ditemukan oleh peneliti dengan 9 jenis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Totto-chan: gadis cilik di jendela, meliputi 1) rasa peduli, 2) rasa saling menghargai, 3) rasa kasih sayang, 4) bertanggung jawab dan kemandirian, 5) sopan, 6) kerja keras, 7) menepati janji, 8) saling membantu, dan 9) bersikap baik.
Referensi
Akbar, V. K. (2019). Peran Perempuan dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 232-236.
Hidayat, D., & Dr. Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan . Medan: LPPPI.
Irma, C. N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, Vol. 11, No. 1, 14-22.
Kuroyanagi, T. (2017). Totto-chan Gadis Cilik di Jendela (Terjemahan Bahasa Indonesia) . Jakarta: Gramedia Utama
Nuraeni, d. (2024). Analisis Nilai Moral dalam Novel Tulisan Sastra Karya Tenderlove. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 329-334.
Nurhapidah, A. A., & Sobari, T. (2019). Kajian Sosiologi Sastra Novel "Kembali" Karya Sofia Mafaza. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 4, 529-534.
Octo, D. A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir Karya Tulus S (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood). Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 109-122.
Salim, N. A. (2022). Dasar-dasar Pendidikan Karakter . Yayasan Kita Menulis.
Sujarwa, D. (2019). Model & Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta : -.
Susilawati, D. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan . Bandung: Widina Media Utama.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.