FAKTOR KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS PESERTA DIDIK KELAS VII.A SMPN 9 KOTA BENGKULU
Abstrak
Masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis surat dinas peserta didik kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu pada aspek struktur dan kaidah kebahasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 9 Kota Bengkulu kelas VII. A. Waktu penelitian sudah dilaksanakan pada bulan April 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. A SMPN 9 kota Bengkulu yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk pemperoleh data menulis surat dinas ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yaitu, 1) menghitung rata-rata, 2) menghitung persentase, dan 3) menarik kesimpulan. Hasil dan pembahasan yaitu Dari hasil perhitungan rata-rata dan persentase kemampuan menulis surat dinas peserta didik Kelas VII. A SMPN 9 Kota Bengkulu pada aspek struktur, maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa peserta didik SMPN 9 Kota Bengkulu mampu dalam menulis surat dinas. Dilihat dari nilai rata-rata yaitu 41.75 dengan kategori “Baik Sekali”. Dari hasil perhitungan nilai rata-rata kemampuan menulis surat dinas peserta didik kelas VII. A di SMPN 9 Kota Bengkulu pada aspek kaidah kebahasaan, maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa peserta didik SMPN 9 Kota Bengkulu mampu dalam menulis surat dinas. Dilihat dari nilai rata-rata yaitu 39.75 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka nilai kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu dalam menulis surat dinas hanya tergolong kategori “Cukup” dengan persentase 81.5% berada pada interval 74-82.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Surat Dinas.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.