KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2021/2022
KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IX SMP Negeri 09 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel penelitian yaitu kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R siswa kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 pada aspek survey memperoleh persentase keseluruhan siswa sebesar 80% dengan kriteria baik sekali. Pada aspek question memperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria baik. Pada aspek read siswa memperoleh persentase keseluruhan 70% berada pada kriteria baik, sedangkan pada aspek recite memperoleh persentase keseluruhan yaitu 74% dengan kriteria baik. Kemampuan siswa kelas IX B tahun ajaran 2021/2022 dalam membaca pemahaman dengan metode SQ3R secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 75% berada pada kriteria baik.
Kata Kunci : metode SQ3R, kemampuan membaca, siswa SMP kelas IX
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.