PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Abstrak
Abstrak
Kebijakan modifikasi sistem pembelajaran yang aman, efesien dan efektif diperlukan untuk mengedepankan mutu pendidikan demi mencegah Learning loss paska pandemic. Hal ini dilakukan agar mencegah serangan psikologis, degradasi intelektual dan karakter perserta didik. Beberapa permasalahan yang muncul seperti kemampuan penguasaan teknologi tenaga pendidik dan peserta didik, literasi dan digital skills, kesenjangan ekonomi peserta didik, Efektiftas pembelajaran daring, hambatan komunikasi media digital, Culture Shock, dan Kebijakan pemerintah yang terus dinamis dan berubah.
Tujuan umum dalam penelitian ini menemukan modifikasi sistem pembelajaran terbaik melalui analisa mendalam kualitatif agar menjadi sebuah dasar kebijakan dalam menyusun strategi dan inovasi secara akademis baik teknis dan non teknis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Dapat disimpulkan dalam mencegah learning loss perlu sebuah formulasi hasil dari evaluasi berupa Modifikasi Sistem Pembelajaran, Pemetaan berdasarkan zona wilayah, Pelatihan Bimtek Melek Literasi Digital kepada Pendidik dan Peserta Didik, Support insitutusi, Penerapan Metode pembelajaran idel, aturan yang tegas, jelas dan ketat serta Modifikasi dan improvisasi gaya pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.