EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SDN 41 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstrak
Abstrak
Â
Masalah penelitian ini terdapat pada kedisiplinan dalam menggunakan waktu kehadiran, ketertiban, keaktifan dan kerapian melaksanakan tugas mengajar merupakan kunci yang seringkali menjadi penyebab kegagalan pembentukan karakter anak yang dimulai dari anak usia dini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubungan antara kedisiplinan mengajar di kelas dengan peningkatan mutu kompetensi diri bagi para guru  di  Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Bengkulu. Dimana observer mempunyai kriteria penilaian terhadap penelitian yang akan dipaparkan di bab berikutnya. Berdasarkan analisis data , dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan inspeksi dan kunjungan dinas oleh supervisi pendidikan sangatlah membantu  para guru di Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan menejemen kinerja diri dari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam mporoses bemlamjmamr mengajar di kelas.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Ad. Rucijakker, 1984, Mengajar Dengan Sukses. Jakarta, PT. Gramedia dengan YKPTK.
Djumbur I dan Moh. Surya, 1975, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung, CV. Ilmu.
Moh. Surya, dan Moh. Yamin, 1980, Pengajaran Remedial, Jakarta. Depdikbud.
Nasin Imnu Suwandi dan Anno D. Sanjari, 1997, Disiplin di Sekolah. Seri Gerakan Disiplin Nasional, Jakarta. PT. Grafindo Media Pratama.
Oemar Hamalik, 1980, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung, Tarsito.
Poerwodarminto. W. J. S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
S. Nasution, 1980, Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung, Jemmar.
¬¬¬¬¬¬¬¬¬Sahertian, 1985, Metode Research, Bandung Jemmar.
Suharsimi Arikunto, 1992. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi, 1981, Statistik Jilid II. Yogyakarta, Yayasan Penerbitan Fak. Psy. UGM.
Sudikin, dkk, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya, Insan Cendekia
The Liang Gie, 1985, Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta, Pusat Kemajuan Studi.
Tarni Farida, 2003, Kedisiplinan Sebagai Motivator Kerja Mandiri, Pusat Kajian YLKI, Jakarta