PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK SISWA KELAS XI SMKN 7 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Yestri Maya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i1.8290

Abstract

Perkembangan teknologi digital membuka banyak kesempatan dalam membantu proses belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan media YouTube sebagai alat dalam kegiatan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagimana penggunaan media YouTube dapat memperbaiki keterampilan menyimak cerita pada siswa di kelas. XI di SMKN 7 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang guru Bahasa Indonesia dan 20 siswa kelas XI di SMKN 7 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan menyimak siswa secara cukup signifikan. Sekitar 80—90% siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan baik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media tersebut. Selain itu, guru dapat lebih leluasa dalam menyampaikan isi pembelajaran dengan metode yang menarik dan melibatkan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa YouTube sangat efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan menjadi solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembelajaran tradisional. Penelitian ini merekomendasikan agar guru memanfaatkan teknologi digital dengan maksimal untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif..

References

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia

Faiqah, Fatty, dkk. 2016 “Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas MakasarVidgram” dalam online jurnal Kareba. Volume 5 No. 2 http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/viewFile/1905/1063 diakses tanggal 27/11/2018: 21.32

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Suhendar, M.E. dan Supinah, P.1992. Pengajaran dan Ujian Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis. Bandung: Pionir Jaya.

Sumantri Syarif, Mohamad. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwa ti, D. (2021) ‘Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Media Audio Visual Oleh Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bahorok Kabupaten Langkat’, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(3), p. 201. Available at: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5396

Downloads

Published

2025-07-03
Abstract viewed = 0 times