PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 ULUJAMI
DOI:
https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v12i01.6598Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita inspiratif dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Ulujami. Rumusan permasalahan ini adalah bagaimana pembelajaran keterampilan menulis teks cerita inspiratif dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Ulujami. Metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi hasil wawancara dan modul ajar, sedangkan data sekunder meliputi data nilai, hasil menulis teks cerita inspiratif peserta didik, serta dokumtasi proses pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita inspiratif enggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas IX D berjalan lancar dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM. Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti YouTube, Instagram, maupun Tiktok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kata Kunci: keterampilan menulis, discovery learning, dan teks cerita inspiratif
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.